Skip to content

Pasca Gempa, Penyakit Mengusik Pengungsi

11 October, 2009

Keterbatasan logistik dan buruknya kondisi di tenda pengungsian membuat daya tahan tubuh para korban gempa di Sumatera Barat menjadi rendah. Akibatnya mereka pun lebih rentan terjangkit penyakit infeksi.

Hal tersebut disampaikan oleh dr.Ari Fahrial Syam, Sp.PD, KGEH, Koordinator Tim Kesehatan Universitas Indonesia yang membuka posko bantuan kesehatan di kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

“Sebagian besar masyarakat masih tinggal di tenda darurat dengan kondisi yang sangat sederhana. Kondisi lingkungan yang buruk dan tentunya juga makan dan minum yang kurang memadai akan memperburuk kondisi kesehatan para pengungsi,” papar dokter Ari.

Wabah penyakit yang muncul akibat kondisi tersebut antara lain adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), diare, radang mata, infeksi kulit, vertigo, patah tulang, luka terbuka yang menimbulkan infeksi, serta kecemasan dan depresi.

Lemahnya koordinasi tenaga relawan pada minggu pertama pasca gempa yang terjadi pada 30 September 2009 lalu, ditambah lokasi bencana yang sulit dijangkau membuat banyak korban gempa yang tertimbun reruntuhan bangunan terlambat dievakuasi. Hal ini menyebabkan banyak korban gemppa yang terpaksa diamputasi.

“Hampir 50 persen pasien yang kami tangani terpaksa diamputasi karena sudah terjadi infeksi pada luka. Padahal, jika evakuasi datang 1-2 hari lebih cepat, kondisi itu bisa dihindari,” katanya.

Dokter Ari juga menegaskan pentingnya tindakan pencegahan untuk mencegah perburukan kondisi penyakit. “Tugas para tenaga medis saat ini adalah menjaga agar tidak terjadi kondisi yang lebih buruk, misalnya agar ISPA tidak menjadi radang paru atau jika diare jangan sampai dehidrasi,” ujarnya.

Sejak tanggal 3 Oktober lalu, tim kesehatan UI telah mengirimkan 20 orang tim medis Fakultas Kedokteran UI yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, dan tenaga perawat. | kompas

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: