Skip to content

UI Peringkat 201 Universitas Terbaik Dunia 2009

12 October, 2009

Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat 201 Universitas Terbaik di dunia untuk tahun 2009, meningkat tajam dari tahun 2008 di peringkat 287 dan tahun 2007 di peringkat 395. Sementara di Asia UI menduduki peringkat 34, dan peringkat ke 5 di Asia Tenggara.

Peringkat tersebut disusun oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi prestisius Times Higher Education – QS World University Ranking, yang mengumumkan secara resmi peringkat 500 universitas terbaik di dunia untuk 2009 dari 5.000 perguruan tinggi dunia yang disurvei.

Indikator yang dijadikan rujukan utama dalam pemeringkatan adalah performa riset dan publikasi, performa pengajaran seperti prestasi mahasiswa, efisiensi internal, internasionalisasi dan performa lulusan yang dilihat dari penyerapan oleh pasar tenaga kerja.

Pencapaian dalam peringkat universitas kelas dunia ini, menurut Rektor UI, sejalan dengan prestasi mahasiswa UI yang gemilang pada 17 kompetisi tingkat internasional sepanjang 2009.

Prestasi tersebut antara lain, lomba debat Bahasa Inggris dunia di Melbourne, Australia di mana Indonesia meraih juara I dan gelar honorable mention pada World Mathemathics Championship di Beograd Serbia.

Gumilar mengatakan, dalam bidang riset, UI juga terus berbenah di mana jumlah publikasi penelitian nasional maupun internasional yang dihasilkan peneliti UI pada tahun 2009 meningkat menjadi 10.050 publikasi dari 9.050 publikasi pada tahun 2008.

Untuk meningkatkan kualitas dan memperoleh wawasan global, UI juga mengirim 325 peneliti dan dosen ke luar negeri pada 2009, meningkat dari tahun 2008.

UI juga bekerja sama dengan ratusan perguruan tinggi dunia dan membuka kelas-kelas internasional serta membuka diri seluas-luasnya bagi mahasiswa asing di mana ada sekitar 2.000 mahasiwa asing berkuliah di UI saat ini.

Sementara itu, dua universitas lainnya di Indonesia juga masuk ke dalam daftar universitas terbaik dunia tersebut, yaitu UGM di peringkat 250, dan ITB di peringkat 351.

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: