Skip to content

Guru Lulusan SMA Bisa Disertifikasi

13 October, 2009

Mendapatkan sertifikasi guru ternyata tidak hanya untuk lulusan S1 saja. Guru lulusan SMA pun bisa mendapatkan sertifikat tersebut. Menurut Alvius Lomban, anggota Komite 3 DPD RI dari Dapil Sulawesi Utara (Sulut), tenaga pengajar yang lulusan SMA bisa disertifikasi seperti lulusan S1 atau S2. Dengan catatan, guru tersebut usianya 50 tahun dan masa kerjanya 20 tahun.

“Ini bentuk kemudahan yang diberikan pemerintah pada guru untuk meningkatkan kualitasnya,” tutur Lomban yang dihubungi via ponsel, Senin (12/10).Lanjutnya, bagi yang tidak memenuhi syarat tersebut, bisa diambil kebijakan dengan memberikan pensiun. Karena tidak mungkin dia melanjutkan pendidikan S1 sampai batas waktu yang ditentukan pemerintah.

Dalam program sertifikasi, pemerintah menargetkan seluruh guru dari TK-SMA dan tenaga dosen selesai disertifikasi pada 2014. Mengingat masih sedikitnya jumlah guru dan dosen yang disertifikasi, Depdiknas terus menggenjot agar target tersebut bisa tercapai. “Kami yakin bisa tercapai, apalagi saat ini banyak tenaga guru serta dosen yang disekolahkan kembali. Ini agar tenaga guru maupun dosen yang dihasilkan merupakan tenaga profesional,” kata Direktur Profesi Pendidik Depdiknas Achmad Dasuki yang dihubungi terpisah, Senin (12/10). | JPNN

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: