Skip to content

Syarat Guru SMA Harus S2, Pelamar Melongo

31 October, 2009

Para pelamar CPNS yang melihat pengumuman penerimaan CPNS di Kantor Pos Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Sabtu, kecewa karena kualifikasi pendidikan bagi formasi jabatan guru SMA dan SMK disyaratkan lulusan strata dua (S2).

Menurut para pelamar tersebut, ini berarti tidak ada kesempatan bagi mereka untuk mengisi lowongan formasi bagi jenjang SMA dan SMK. “Kalau alasannya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, maka dosen di perguruan tinggi di Tembilahan saja masih banyak yang kualifikasi pendidikannya S1,” ungkap beberapa pelamar.

Salah seorang pelamar, Andiyansyah mengakui pada awalnya ingin memilih formasi jabatan guru SMA dan SMK, karena dia merupakan tenaga honor di sebuah SMA di Kabupaten Indragiri Hilir. Namun, saat dilihatnya persyaratan kelulusan S2 niat tersebut urung dilakukannya karena ia hanya tamatan S1 dari Universitas Riau tujuh tahun lalu.

“Jumlah tenaga pendidik yang berkualifikasi S2 tidak begitu banyak. Mereka menyebutkan kualifikasi harus berpendidikan S2 bagi guru SMA dan SMK tidak melihat kondisi daerah,” katanya.

Dalam penerimaan CPNS tahun ini Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menerima sebanyak 359 CPNS jalur umum, diluar honorer 211 orang. Formasi jabatan guru SD 87 orang, guru SMP 75 orang, guru SMA 22 orang dan SMK 40 orang. Tenaga kesehatan, yakni dokter umum, dokter spesialis, bidan dan perawat 49 orang. Serta tenaga teknis substantive 84 orang dan teknis administratif 2 orang.

Kualifikasi pendidikan pelamar untuk semua formasi tersebut S1 kecuali formasi guru SMA dan SMK S2. Bupati Indragiri Hilir Indra Muchlis Adnan menyatakan bahwa khusus tenaga pendidik tingkat SMA dan SMK pada tahun ini harus berpendidikan S2.

“Persyaratan berpendidikan S2 bagi tenaga pendidik tingkat SMA dan SMK untuk meningkatkan sumber daya manusia di Indragiri Hilir,” ujar Bupati Adnan. | kompas

2 Comments leave one →
  1. 1 November, 2009 16:19

    Emang lagi hangat-hangatnya ni berita tentang CPNS.Ada juga info dari saya. Ingin Lolos test? Silakan mampir ke blog saya. Salam kenal

  2. Ridwan Arif permalink
    6 December, 2009 13:45

    Bagaimana mau berkualitas pendidikan di INHIL pak bupati, setiap guru yang berurusan di kenakan biaya, salah satu contoh, sosialisasi sertifikasi guru yang akan diadakan pada hari senin 7 desember 2009 dan seterusnya masing – masing guru di kenakan biaya Rp 50.000 berapa banyak guru di inhil baik yang telah di sertifikasi maupun yang belum x 50.000 tak terhitung banyaknya, kalau saya baca biaya pelaksanaa sertivikasi masuk dalam APBN dan APBD yang sudah disampaikan oleh Presiden, kami para guru menghimbau kepada Bapak Bupati yang kami cintai untuk mereformasi total dinas pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir, setiap kebijakan bapak tentu kami mendukung ubntuk kemajuan pendidikan dan singkirkan orang – orang yang asal bapak senag, sebetulnya itulah krikil – krikil penyandung bapak.
    Biaya 50.000 khusus untuk guru – guru yang di tembilahan, belum lagi tim dari dinas pendidikan yang melaksanakan sosialisasi di kecamatan dikenakan biaya 200.000 kasihan pak guru – guru,nanti kalau kami laporkan keburukan penjabat dinas dan kepala sekolah maka yang bersangkutan di mutasi ke daerah, ini alangkah kejamnya perbuatan penjabat dinas memisahkan orang dengan istri meninggalkan rumah sendiri dan mengontrak di tempat yang baru, sampai sekarang masih ada guru di INHIL yang masih belum punya rumah.

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: