Skip to content

70% PTS Belum Berkualitas Baik

16 November, 2009

Perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumatera Utara (Sumut) dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) didorong untuk terus meningkatkan kualitas.

Pasalnya, dari 310 PTS di wilayah ini, hanya 30% yang dinilai berkualitas. “PTS yang baik atau berkualitas itu hanya 30%. Sisanya 40% sedang dan 30% lagi mendapat nilai kurang. Yang 70% inilah yang masih menjadi persoalan kita. Mereka terus melahirkan sarjana, tapi sarjana yang dilahirkan kurang berkualitas,” ujar Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumut-NAD Prof Dr Zainuddin pada Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Gedung Selecta, Jalan Listrik Medan, akhir pekan lalu.

Kata Zainuddin, salah satu PTS yang mendapat penilaian baik itu termasuk UMSU. Karena itu, dia berharap kepada Rektor UMSU Bahdin Nur Tanjung terus meningkatkan kualitas mutu lulusan UMSU di masa mendatang. “Predikat baik ini harus terus dipertahankan dan kualitasnya ditingkatkan terus,” pintanya.

Zainuddin menyebutkan, ada tiga kategori sebuah PTS mendapat penilaian baik, yaitu kualifikasi para dosen atau tenaga pengajarnya minimal berpendidikan strata dua (S-2), kurikulum yang diterapkan selaras dengan kemajuan dan perkembangan masyarakat, memiliki fasilitas lengkap, dan ruang belajar yang memadai. “Jika tak ingin mendapat penilaian kurang, PTS mesti meningkatkan kualitas lulusannya,” harap Zainuddin.

Kepada 1.110 mahasiswa UMSU yang diwisuda, Zainuddin juga berharap untuk terus meningkatkan kualitas diri. Katanya ada empat cara meraih sukses, yakni terus menerus belajar, meningkatkan bakat, disiplin, dan melakukan pendekatan pribadi yang baik. “Itulah cara-cara yang dilakukan orang-orang sukses di dunia ini. Meski Anda sudah menamatkan pendidikan di UMSU, harus terus belajar dan belajar,” sarannya.

Sementara itu, Rektor UMSU Bahdin Nur Tanjung berharap mahasiswa UMSU yang diwisuda agar menjaga nama baik UMSU dan menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah. Mereka juga bertekad untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas para lulusan UMSU. Salah satu cara dilakukan dengan memberi kesempatan kepada para dosen untuk melanjutkan kuliah ke tingkat lebih tinggi, yakni S-2 dan S-3. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: