Skip to content

Integrasi Hasil UN Akhirnya Gagal

18 November, 2009

Rencana menjadikan hasil ujian nasional (UN) 2010 sebagai acuan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) kandas.

Forum Rektor masih memilih memberlakukan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Ketua SNMPTN Pusat Prof Dr Haris Supratno menuturkan, Forum Rektor belum bisa mengintegrasikan hasil UN 2010 sebagai bahan masuk PTN. Alasannya, ada beberapa kekurangan hasil UN, termasuk kredibilitas pelaksanaan UN yang masih diragukan.

“Kami baru bisa melakukan integrasi itu setelah kredibilitas bisa dipenuhi. Melihat waktu yang ada, pada 2010 nanti integrasi itu belum bisa dilakukan,” ujar Haris kemarin. Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu menambahkan, pada pelaksanaan UN 2009 lalu, perwakilan dari PTN hanya sebatas menjadi pengawas ujian. Sehingga belum bisa menjadi bagian penuh dalam UN.

“Kalaupun nilai UN tetap dipaksakan menjadi referensi masuk PTN, itu baru bisa terlaksana pada 2011 atau 2012 nanti,” imbuhnya. Para rektor, kata Haris, sudah bertemu dengan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) untuk menegaskan posisi integrasi UN 2010. Hasilnya, Mendiknas tetap mengizinkan dosen di PTN terlibat aktif dalam pelaksanaan UN.

Keterlibatan itu diwujudkan dengan cara ikut aktif dalam penyusunan soal, pengawasan, dan evaluasi UN. “Pelibatan aktif secara menyeluruh itu baru bisa dilakukan sekarang, jadi kredibilitas UN baru bisa diketahui pada 2011. Makanya tidak bisa dipaksakan tahun ini,” ungkapnya. Untuk teknisnya, para rektor PTN akan membahasnya pada pertemuan Majelis Rektor yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Termasuk pembahasan yang mengatur tentang tahapan integrasi UN tiap tahunnya.

Para rektor sendiri akan melakukan evaluasi pelaksanaan UN tiap tahun. Hasilnya nanti akan dijadikan bahan utama dalam perbaikan UN serta penghapusan SNMPTN. “Jadi saya tegaskan kembali kalau SNMPTN tetap berlaku pada 2010 nanti,” tegasnya. Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Suwanto mengatakan, integrasi UN yang dijadikan bahan masuk PTN memang memudahkan bagi siswa. Para siswa sendiri tidak perlu menjalani berbagai ujian, termasuk SNMPTN untuk bisa masuk PTN.

“Kualitas UN sendiri tiap tahun selalu diperbaiki. Minimal ada perbaikan hasil serta teknis pelaksanaan, termasuk meminimalisir terjadinya kecurangan,” katanya. Sebelumnya, Mendiknas Mohammad Nuh saat membuka International Electrical Engineering (IEE) Expo 2009 di Surabaya, Senin (9/11/2009) lalu mengatakan, pihaknya menargetkan hasil UN 2010 nanti sudah bisa dijadikan sebagai pijakan masuk PTN. Dirinya juga yakin PTN tidak akan menolak hasil UN karena PTN akan dilibatkan dalam pelaksanaan UN, mulai dari perumusan soal UN, pengawasan, hingga evaluasinya. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: