Skip to content

MA Belum Keluarkan Keputusan Resmi Soal UN

23 November, 2009

Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) mendesak Mahkamah Agung (MA) segera mengeluarkan keputusan resmi atas kasasi Presiden tentang ujian nasional (UN). Hal itu karena putusan penolakan kasasi oleh MA yang dipublikasikan melalui situs web MA belum menjelaskan lebih mendetail tentang penolakan tersebut.

Ketua Umum FGII Suparman menuturkan, belum adanya detail keputusan MA menyebabkan FGII belum berani bersikap. ”Meskipun amar putusannya di situs web adalah tolak, tetapi seperti apa penolakan tersebut, kami belum mengetahui,” katanya.

Belum jelasnya keputusan tersebut, menurut dia, menyebabkan pelaksanaan UN 2010 masih gamang. Hal itu karena, jika mengacu ke situs web MA yang menetapkan tanggal putus atas kasus tersebut 14 September 2009, artinya kemungkinan besar UN 2010 belum bisa dilaksanakan karena peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang UN 2010 ditandatangani pada Oktober 2009.

Seperti diketahui, melalui situs web mahkamahagung.go.id, informasi perkara MA Republik Indonesia (RI) nomor register 2596 K/PDT/2008, permohonan kasasi dari pemohon/ terdakwa Negara RI c.q. Presiden RI, c.q. Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo dkk. atas termohon Kristiono dkk. dinyatakan ditolak dengan tanggal putus 14 September 2009.

Perkara perdata berklasifikasi perbuatan melawan hukum tersebut diputus oleh majelis hakim yang terdiri atas Mansur Kartayasa, R. Imam Harjadi, dan Abbas Said. Suparman mengatakan, FGII telah menghubungi MA. Namun, berdasarkan penjelasan MA, saat ini berkas putusan tersebut dikatakan sedang dalam proses akhir. ”Bisa jadi sedang dalam pemeriksaan ulang di tangan panitera,” ujarnya.

Meski demikian, menurut dia, FGII rencananya akan menyatakan sikap pada Senin (23/11) atas keputusan MA tersebut. Seperti diketahui, 58 orang mengajukan gugatan citizen lawsuit ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat tentang pelaksanaan UN yang merugikan masyarakat. Mereka berasal dari unsur guru, orang tua, dan pegiat pendidikan di Jakarta, Medan, dan Jawa Timur. | pikiranrakyat

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: