Skip to content

Siswa Berprestasi Dijamin ke PTN

28 November, 2009

Aset-aset terbaik bangsa mulai dimanjakan. Siswa berprestasi, di bidang apa pun, dijamin otomatis bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Paling baru adalah garansi yang diterima dua siswa SMKN 1 Surabaya, Rara Indah Permatasari, siswi kelas XII MM 2 dan Muhammad Basofi Eko Nugroho, siswa kelas XII RPL 2 SMKN 1. Dua siswa penemu kamus Asean yang jadi tutor mahasiswa politeknik di Kamboja itu dipastikan mendapat tiket masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS. Mereka akan memperoleh beasiswa penuh dari Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh di PENS ITS, sampai lulus kuliah.

Memang keduanya masih belia, tapi mereka punya kemampuan lebih dari cukup untuk ukuran siswa seusianya. Menurut Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) Dindik Surabaya Ruddy Winarko, sebelumnya siswa berprestasi jarang mendapatkan peluang otomatis masuk PTN. Sementara beberapa perguruan tinggi di luar negeri malah sibuk berburu siswa berprestasi, termasuk di Indonesia. “Sebelumnya banyak siswa dari Indonesia, termasuk Surabaya, yang diberikan kesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri,” kata Ruddy kemarin.

Karena kesempatan di luar negeri lebih terbuka, walhasil, aset-aset terbaik bangsa malah ditempa di sana. Dan tak jarang pula setelah lulus mereka memilih bekerja di negara tempat mereka mendapat ilmu. Indonesia pun kehilangan aset terbaik. Tahun ini kemungkinan buruk itu rupanya coba dihindarkan. PTN Indonesia juga memberikan kesempatan penuh bagi siswa berprestasi melanjutkan pendidikan.

“Ketika siswa itu diberikan kesempatan, aset bangsa itu bisa terus dikembangkan. Di luar negeri siswa berprestasi selalu diberikan tempat layak, terutama mereka yang menekuni bidang keahlian,” imbuh mantan Kepala SMKN 1 Surabaya ini.

Sebelumnya, Mendiknas Muhammad Nuh memberikan garansi pada siswa berprestasi untuk masuk PTN di Indonsia. “Kemampuan siswa itu harus terus dikembangkan,” katanya. Dengan begitu, diharapkan aset-aset terbaik bangsa bisa dipupuk dan dikembangkan, dan bisa ambil bagian dalam pembangunan Indonesia. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: