Skip to content

UN Dipercepat, Persiapan tidak Maksimal

28 November, 2009

Percepatan jadwal Ujian Nasional (UN) 2010 mendatang yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dari jadwal penyelenggaraan UN tahun-tahun sebelumnya diakui beberapa pihak mengakibatkan persiapan tidak maksimal.

“Pelaksanaan try out (latihan ujian) tidak dapat dilakukan seperti tahun lalu, sebab jadwal pelaksanaan UN biasanya jatuh pada April, namun kali ini diajukan Maret,” kata Kepala SMAN 12 Semarang Titi Priyatiningsih di Semarang, Jumat (27/11).

Menurut dia, penyelenggaraan try out biasanya dilakukan sebanyak lima kali antara bulan Januari hingga awal April menjelang UN, namun dalam penyelenggaraan UN 2010 mendatang tidak bisa dilakukan lima kali.

“Kami secara pasti kehilangan waktu satu bulan dalam mempersiapkan siswa menghadapi UN, mengingat jadwal UN diajukan sebulan, sehingga memengaruhi pelaksanaan try out dan sebagainya,” katanya.

Ia mengatakan, frekuensi pembelajaran juga tidak dapat dilaksanakan secara maksimal, sebab selain mempersiapkan UN lewat “try out” dan tambahan pelajaran, pihaknya bertanggung jawab memberikan materi pelajaran hingga selesai.

“Kami memang telah berupaya memadatkan materi pelajaran, misalnya materi pelajaran untuk semester genap yang harus selesai di semester ganjil ini, namun dalam prakteknya tetap saja kesulitan,” katanya.

Ia menilai, percepatan jadwal pelaksanaan UN juga akan memengaruhi mental siswa, namun pihaknya tetap berupaya untuk mempersiapkan siswa dengan sebaik-baiknya, termasuk mental siswa untuk menghadapi UN.

Kepala SMAN 16 Semarang, Choirul Imdat juga mengatakan hal serupa, namun ia mengatakan pengaruhnya tidak terlalu besar, sebab perbedaan jadwal UN 2010 dibandingkan tahun sebelumnya tidak terlampau lama, hanya satu bulan.

“Dampaknya bagi para siswa juga dapat diatasi dengan baik, asalkan guru bisa memberikan pengertian dan pemahaman yang sebaik-baiknya kepada para siswanya, sehingga siswanya tidak panik,” katanya.

Menurut dia, persiapan yang dilakukan sekolah dalam menghadapi UN 2010 mendatang, antara lain dengan memberi tambahan pelajaran dan try out, namun pemberian materi pelajaran terpaksa memang dipadatkan.

Sebelumnya, pengamat pendidikan St Kartono juga menilai, pemerintah sebaiknya tidak menetapkan kebijakan terkait UN secara mendadak, misalnya pengajuan jadwal UN di tengah tahun seperti ini yang akan membuat pihak sekolah “kelabakan”.

“Pengajuan jadwal UN dari jadwal semula ini tentu membuat sekolah kerepotan, sebab pihak sekolah merasa bertanggung jawab pada muridnya, meskipun pengajuan jadwal ini dilakukan karena adanya penyelenggaraan UN ulangan,” kata Kartono yang juga guru SMA Kolese De Britto Yogyakarta itu. | mediaindonesia

3 Comments leave one →
  1. Handi permalink
    14 December, 2009 12:19

    Udahlah.. Ganyang aja dinas nya.. Gitu aja kok repot..

  2. 3 June, 2010 14:16

    sya setuju dengan pendapat-pendapat di atas bagaimana tidak sekolah 3 tahun lamanya harus gagal hanya karena hasil un.kalau sistem pemerintah kelulusan ditentukan oleh hasil un “SEKOLAH TIDAK BISA MEMBERIKAN PARA LULUSAN YANG BERAKLAK MULIA” sekian pendapat saya semoga mendapat respon,”AMIN”

  3. JUNITA GINTING permalink
    23 July, 2010 14:59

    Perlu diketahui oleh setiap orang(guru,sekolah,masyarakat dan pemerintah) bahwa bangsa yang maju dan bermoralitas adalah bangsa yang pendidikannya dan moralitas tertanam dalam diri anak (siswa) dalam-dalam bagaikan mutiara di dasar laut. UN adalah Program Pemerintah bagaikan orangtua sayang akan anaknya. Tinggal sekarang bagaimana guru menanamkan konsep, sekali lagi penanaman konsep dalam diri siswa pada saat kegiatan pembelajaran dan dukungan orangtua dan masyarakat dimana siswa berada.Penanaman konsep adalah modal dasar untuk masa depan anak sehin gga anak tersebut kelak dewasa sanggup berdiri dimana saja kapan saja untuk memepertahankan kelangsungan hidup.Jadi mari kita guru , orang tua masyarakat dan pemerintah tetap bersemangat .Indonesia maju!

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: