Skip to content

Mendiknas Akan Resmikan Kampus UMN

30 November, 2009

Menteri Pendidikan Nasional Prof Dr Ir Mohamad Nuh akan meresmikan kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Rabu 2 Desember. Mendiknas juga akan menjadi pembicara kunci pada seminar internasional bertajuk ” Economy Creative in The New Media Era.”

Berdasarkan rilis yang diterima okezone, Senin (30/11/2009), Kompas Gramedia (KG), memiliki visi turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Setelah lebih dari empat puluh tahun berkiprah lewat media (buku, koran, majalah, radio, dan multimedia), Group industri media terkemuka di tanah air ini, kini mendirikan Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Tentang filosofi di balik berdirinya UMN, pendiri UMN, dan juga chairman Kompas Gramedia, Jakob Oetama berujar, “Saya dan Almarhum Pak PK Ojong, awalnya guru. Semangat ini yang hendak kembali kita hidupkan. UMN mendidik, menyiapkan generasi muda bukan saja terampil menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga berkarakter baik untuk membangun dan mengangkat harkat dan martabat manusia dan bangsa. Cerdas dan berkarakter baik. Itulah nilai dan semangat yang selama ini merekat kuat di Kompas Gramedia. Nilai dan semangat ini tercermin dalam pendidikan formal, kurikulum yang terintegrasi, yang jadi pegangan UMN dan perilaku sehari-hari sivitas akademika.”

UMN Terus Tumbuh dan Berkembang
UMN tumbuh dari komitmen yang kuat untuk menyiapkan manusia unggul menghadapi tantangan zamannya. UMN diluncurkan dan diperkenalkan ke publik pada tanggal 26 November 2006. Sejak resmi beroperasi 3 September 2007, yang ditandai dengan kuliah perdana menghadirkan Menteri Komunikasi dan Informasi Prof Dr Ir Mohamad Nuh saat itu, UMN terus tumbuh dan berkembang.

Memasuki tahun kedua, 2008/2009, animo masyarakat yang mencerminkan kepercayaan mereka terhadap UMN makin besar. Mahasiswa angkatan kedua UMN meningkat 300 persen, sehingga mempercepat membangun kampus UMN di atas lahan 8 hektare, di kawasan pendidikan Scientia Garden, di Summarecon Serpong. Maka berdirilah kampus indah nan megah di kawasan pendidikan Scientia Garden. Agustus 2009 semua kegiatan akademik dan penunjang akademik UMN seluruhnya pindah ke kampus baru. Arsitektur kampus UMN dirancang modern dan fungsional, sehingga menjadi sebuah kawah candradimuka tetap bernuansa akademis, sekaligus nyaman sebagai green campus.

Teknologi Multimedia
Dalam rangkaian peresmian kampus baru itu, UMN akan memperkenalkan kepada masyarakat teknologi multimedia (augmented reality), pameran industri kreatif karya sivitas akademika, dan seminar internasional.

Augmented Reality adalah salah satu teknologi yang akan ditampilkan. Yakni teknologi masa depan yang menggabungkan dunia realitas dan dunia maya dalam waktu real time atau secara langsung.

Augmented Reality disebut juga sebagai Mix Reality. Artinya, apa yang dilihat oleh mata kita secara langsung belum tentu yang semuanya ?real’. Banyak elemen-elemen maya yang sudah ditambahkan, sehingga agak sulit membedakan mana yang asli atau bukan. Semua informasi yang ditampilkan dalam bentuk komputer grafis, 3 dimensi diperkaya efek Audio Visual yang dapat muncul di mana saja untuk dinikmati secara langsung oleh mata kita.

Prof Yohanes Surya, rektor UMN, memeragakan augmented reality yang menginspirasi mahasiswa jurusan arsitektur, interior, Desain Komunikasi Visual, dan komunikasi dalam membuat tugas mereka.
Lewat teknologi ini, bisa melihat dari selembar brosur timbul animasi sebuah bangunan lengkap dengan interiornya. Hal ini akan sangat membantu mahasiswa dalam bidang arsitektur maupun interior. “Kita bisa melihat secara jelas desain bangunan lengkap dengan interior di dalamnya,” tulis rilis itu.

Di bidang industri media, UMN bersinergi dengan unit usaha Kompas Gramedia. Sebagai contoh, akan ditampilkan animasi 3-D secara langsung keluar dari sebuah iklan koran. Sungguh ini merupakan teknologi yang akan membantu media cetak untuk bisa berinteraksi dengan para pembacanya bukan saja lebih komunikatif, tapi juga dengan menarik.

Contoh lain, penerapan Augmented Reality pada pada buku anak-anak untuk menampilkan aneka gambar burung dua dimensi, tiba-tiba jadi hidup, terbang, bernyanyi. Sungguh sebuah pengalaman membaca yang mengagumkan secara visual dan kaya animasi. Teknologi ini juga bisa diaplikasikan dalam merancang packaging aneka produk dan kegiatan produksi industri kreatif. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: