Skip to content

Depdiknas Tetapkan Jadwal UN

2 December, 2009
tut wuri handayani

Ilustrasi: Google

Di tengah polemik gugatan ujian nasional (UN), Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) diam-diam telah menetapkan tanggal pasti pelaksanaan UN di semua jenjang pendidikan.

Bahkan, jadwal pelaksanaan UN tersebut sudah dibagikan ke kabupaten/kota. Salah satunya yang sudah menerima jadwal UN adalah Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya. Sesuai jadwal yang dibuat Depdiknas, pelaksanaan UN SMP dan MTs bakal digelar pada 29 Maret – 1 April 2010. Sementara untuk tingkat SMA, MA, dan SMK akan digelar lebih awal, yakni pada 22-26 Maret 2010.

Khusus untuk ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) tingkat SD dan MI, Depdiknas menyerahkan kewenangan penjadwalan pada tiap provinsi. Sementara untuk perlaksanaan UN susulan digelar satu minggu setelah UN berakhir. Bahkan, pelaksanaan UN ulangan bagi peserta yang gagal memenuhi standar kelulusan juga sudah ditetapkan.

Kepala Dindik Surabaya Sahudi menuturkan, siswa dan wali murid tidak perlu khawatir dengan kegagalan pelaksanaan UN. Sebab semua persiapan siswa menjelang UN terus dilakukan. Diharapkan dengan persiapan yang matang, bisa membawa siswa berhasil dalam menghadapi UN.

“Toh semua mekanisme penilaian dari sekolah tetap dilakukan. Ujian selain di sekolah juga harus ada ujian yang digelar di luar sekolah, dalam hal ini UN,” ujar Sahudi kemarin. Mantan Kepala SMAN 15 Surabaya itu melanjutkan, selain hasil UN, para siswa juga harus memenuhi nilai baik pada ujian sekolah. Sehingga hasil UN bukan satu-satunya penentu kelulusan.

Dalam waktu dekat, Dindik Surabaya akan mengelar sosialisasi pelaksanaan UN. Untuk sosialisasi UN tingkat SMP atau sederajat akan digelar pada 7 Desember. Sementara untuk tingkat SMA atau sederajat akan digelar pada 8 Desember. Sementara itu, Dindik Jatim juga terus melakukan persiapan pelaksanaan UN. Langkah itu tetap ditempuh terlepas dari apapun keputusan Mahkamah Agung (MA) atas peninjauan kembali (PK) yang diajukan Depdiknas soal UN.

Kepala Dindik Jatim Suwanto menuturkan, pihaknya saat ini tetap melakukan persiapan untuk UN 2010. Menurutnya, jika tidak disiapkan dari sekarang, dikhawatirkan pelaksanaan UN tidak bisa berjalan lancar. “Kami tidak ingin membuat siswa bingung. Karena itu persiapan tetap dilakukan,” kata Suwanto.

Seandainya MA menolak PK yang diajukan Pemerintah, Dindik Jatim tetap akan melaksanakan persiapan. Tapi untuk langkah selanjutnya,Suwanto mengatakan pihaknya tetap menunggu keputusan dari Depdiknas. “Kami tidak mau berandai-andai. Karena itu persiapan tetap berjalan,” kata mantan Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Jatim itu.

Menurut Suwanto, saat ini persiapan sudah pada tahap penyusunan daftar nominasi tetap (DNT) UN. Dalam waktu dekat, Dindik Jatim akan melakukan sosialisasi ke Dindik kabupaten/kota. “Begitu prosedur operasional standar (POS) UN turun, kami akan melakukan sosialisasi,” kata Suwanto. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: