Skip to content

Pelajar Aceh Dukung Larangan Penyelenggaran UN

2 December, 2009
demo pelajar

Sumber foto: Acehkita.com

Puluhan pelajar SMU di Kota Banda Aceh menggelar aksi di Bundaran Simpang Lima Banda Aceh, selasa (1/12), mendukung putusan Mahkamah Agung (MA) yang melarang penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2010.

Puluhan pelajar yang tergabung dalam Solidaritas Independen Kaum Muda Aceh tersebut berkumpul seusai jam pelajaran sekolah dan dengan mengenakan seragam putih abu-abu mereka berorasi menyambut baik putusan MA karena dinilai sebagai awal reformasi pendidikan di Indonesia.

Aksi di bawah koordinator Kukuh BR itu berjalan damai dan tidak mengganggu arus lalu lintas di pusat Kota Banda Aceh meskipun aksi berlangsung bersamaan dengan selesainya jam sekolah.

Dalam pernyataan sikapnya, mereka menilai pelaksanaan UN yang sudah berlangsung enam tahun terakhir banyak ditemukan praktek kecurangan karena siswa melakukan upaya agar lulus sebab UN merupakan syarat mutlak kelulusan.

Fasilitas pendidikan yang tidak merata antara sekolah di kota dan di desa membuat pelaksanaan UN secara nasional terjadi ketimpangan dan dinilai tidak adil sehingga mempengaruhi kelulusan.

“Keputusan MA melarang pelaksanaan UN adalah keputusan yang sangat berpihak pada pemenuhan hak asasi manusia di bidang pendidikan dan kami sangat mendukung keputusan tersebut,” kata Kukuh.

Untuk itu mereka mendukung pelarangan UN sebab meskipun tingkat kelulusan UN tinggi namun kualitas yang dihasilkan tidak maksimal. Putusan MA menolak kasasi pemerintah terkait Ujian Nasional (UN) yang berimbas terhadap pelarangan penyelenggaraan UN pada 2010 mendatang. | antaranews

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: