Skip to content

Wah, Ujian Nasional Bakal Diadakan Dua Kali

3 December, 2009
ujian sma

Sumber foto : Google

Ujian Nasional (UN) pada 2010 akan dilakukan dua kali, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya sekali dalam setahun, kemudian dibuka kesempatan mengikuti paket C dan paket B bagi yang tidak lulus UN.

“Pola baru itu mulai diterapkan pada 2010, dengan menyelenggarakan UN bagi siswa SD, SMP, dan SMA lebih cepat dari biasanya yakni minggu ketiga Maret, sedang biasanya baru digelar pada pertengahan April,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Mahmud Md di Makassar, Kamis (3/12).

Menurut dia, adanya kebijakan pelaksanaan UN dua kali dalam satu tahun ajaran, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 74 dan 75 Tahun 2009 yang ditandatangani Menteri Pendidikan.

Berkaitan dengan hal tersebut, peserta UN yang tidak lulus pada tahap pertama bulan Maret mendapat kesempatan mengikuti UN yang dilaksanakan pada April.

“Karena itu, para siswa tidak perlu kecewa menghadapi UN nanti, karena masih ada kesempatan sekali lagi untuk memperbaiki nilai ujiannya agar bisa lulus,” katanya.

Sementara pada periode sebelumnya, pemerintah hanya menggelar satu kali UN, tetapi menyiapkan program paket C untuk siswa tingkat SMA dan sederajat dan paket B untuk siswa SMP dan sederajat yang bertujuan untuk memberi kesempatan bagi yang tidak lulus UN.

Apabila ditinjau dari manfaat program tersebut, sebenarnya hampir sama dengan program yang akan diterapkan pada 2010.

“Yang jelas, kita tetap mengimbau kepada semua siswa agar rajin belajar dan mempersiapkan diri menjelang UN, sehingga tidak perlu ada yang ikut UN tahap kedua lagi,” ujarnya. | kompas

4 Comments leave one →
  1. Wirasto S. Karim permalink
    4 December, 2009 23:40

    Wah, bagusnya tiga kali. Biar lebih seruđŸ™‚

  2. 5 December, 2009 05:19

    ya ya.. jngn trllu mdah n trlalu d persulit

  3. 5 December, 2009 10:52

    yang penting terjangkau dan tidak terganjal dengan birokrasi yang rumit deh

  4. ran permalink
    6 December, 2009 11:56

    Wah….unasnya dilaksanakan 2x bukan berarti harus nyantai ya…..(kalo gak lulus masih ada perbaikan).wah kalo berpikiran kayak gini caranya bakal banyak yang gak lulus lagi,Peraturannya lebih baik dari pada tahun sebelumnya..n juga..semoga lebih baik juga segi kualitasnya dan kejujuran Unasnya…kagak ada soal yang bocor n de el el…. ^.^

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: