Skip to content

UI Akan Umumkan Hasil Penelitian

9 December, 2009
ui

Sumber foto : andriformalhaut

Riset yang dilakukan para peneliti Universitas Indonesia (UI) selama ini hasilnya akan disampaikan kepada masyarakat supaya dapat dimanfaatkan.

“UI ingin memberikan hasil-hasil riset Bidang Unggulan UI ke masyarakat melalui Kuliah Umum Bidang Unggulan Universitas Indonesia yang bertemakan “Research Without Boundaries” (Penelitian Tanpa Batas),” kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Selasa.

Kegiatan tersebut, kata Vishnu, akan berlangsung selama dua hari, pada 9-10 Desember 2009 (pukul 9.00-16.30 WIB) di Balai Sidang UI, kampus Depok. Pada hari pertama (9 Desember 2009), keynote speakers (pembicara kunci) pada kuliah umum ini adalah Prof. Isamu Sakamoto (Sarugadai University), Tokyo, Jepang.

Selain itu juga kuliah umum tersebut akan dihadiri oleh Dr. Riris K. Toha Sarumpaet (FIB UI), Dr. Mohammad Iskandar (FIB UI) dan pembicara tamu Ariyanti Oeatri, PhD yang akan mempresentasikan “Sosialisasi Pohon Riset Bidang Unggulan Indigenous Studies UI”.

Kemudian Tamara Susetyo-Salim, MA dengan presentasi “Kajian Hayati dan Budaya kertas Daluang dari Tanaman Saeh”. Pada sesi ini akan didemonstrasikan pembuatan kertas Daluang.

Sedangkan pada hari kedua (10 Desember 200) akan menghadirkan keynote speakers dr. Budiman Bela, SpMK (Ketua Tim Peneliti Genome UI) yang akan mempresentasikan “Pengembangan Penelitian Sel Punca di Universitas Indonesia”, dan Prof Ariff Bongso, PhD (Pioneer in Stem Cell Research, National University of Singapore) yang akan membawakan “Stem Cell Research: From Benchtop to Bedside”.

Program Bidang Unggulan UI memiliki tema utama “perkotaan” (urban) yang memiliki fokus pada bidang unggulan mutakhir, yang berada di garis terdepan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni, seperti: Information and Communications Technology (ICT), Nano Technology, dan Genome Technology, Indigenous Studies, dan Policy Studies.

Dikatakannya kuliah umum ini bertujuan memberikan hasil temuan yang memiliki kualitas pada bidang unggulan mutakhir dalam bidang ilmu yang diteliti, dan memiliki kontribusi dalam menyelesaikan berbagai masalah yang timbul karena adanya perubahan masyarakat dan lingkungan sebagai dampak dari pembangunan di Indonesia.

Selain itu, pada kuliah umum ini masyarakat diharapkan mengetahui adanya konservasi dan preservasi sumber daya hayati dan budaya Indonesia di UI serta diseminasi hasil penelitian Bidang Unggulan Indigenous Studies, ICT, Nanotechnologi dan Genome UI kepada masyarakat. | republika

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: