Skip to content

PMI Aceh Butuh Darah 60 Kantong/hari

19 December, 2009
darah

SUmber foto : Antara

Palang Merah Indonesi (PMI) daerah Provinsi Aceh membutuhkan rata-rata sebanyak 50-60 kantong darah setiap hari untuk didonorkan kepada para pasien yang sedang membutuhkan pertolongan darurat di sejumlah sakit di Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Kami kewalahan dalam memenuhi permintaan darah untuk memberikan pertolongan kepada pasien darurat, sebab sampai hari ini tidak memiliki stok darah yang cukup,” kata staf PMI Aceh, Irwandi di Banda Aceh, Sabtu.

Hal itu disampaikan di sela-sela donor darah yang digelar para karyawan swasta dan tamu yang menginap di hotel “Grand Nanggroe” Banda Aceh.

Ia menyebutkan tingginya kebutuhan darah itu disebabkan Rumah Sakit Umum dokter Zainoel Abidin (RSUZA) merupakan pusat rujukan dari seluruh Aceh.

“Karena pusat rujukan, maka para pasien darurat yang membutuhkan darah itu sebagian besar mereka sedang menjalani rawatan di RSUZA. Jadi darah dari para pendonor itu kami salurkan kepada pasien darurat di RSUZA tersebut,” katanya.

Disebutkan, sebagian besar darah tersebut didonorkan kepada pasien cuci darah dan penderita anemia, terutama mereka yang sedang mendapat perawatan di rumah sakit pemerintah tersebut (RSUZA).

Golongan darah (O) mendominasi darah yang didonorkan atau diperoleh PMI dari masyarakat pendonor di provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut.

Vice President Grand Nanggroe Hotel Banda Aceh, Riza Miraza, menyebutkan donor darah merupakan kegiatan sosial rutin setiap tiga bulan sekali sebagai partisipasi kemanusiaan karyawan/karyawati hotel tersebut.

“Kami menargetkan bisa terkumpul 150 kantong darah setiap satu kali donor. Tidak hanya karyawan, tapi mitra dan tamu yang menginap di hotel ikut berpartisipasi mendonorkan darah di hotel kami,” katanya menambahkan. | antaranews

5 Comments leave one →
  1. REZA permalink
    27 March, 2010 11:35

    Dengan keadaan yang bgtu sulit untuk memperoleh darah dari pendonor, maka dalam sebulan sekali harus mengadakan donor darah baik dari relawan atau dari kalangan masyarakat yang bersifat sukarela. karena kita timbang-timbang dari permintaan darah yang cukup besar. maka, dari itu PMI harus mengadakan donor masal.

    • 29 March, 2010 17:32

      Semoga PMI bisa terus melanjutkan kegiatan donor darah ini untuk keperluan dan stok jika diperlukan mendadak nantinya, sebuah pekerjaan mulia bagi negeri ini dalam menyelematkan jiwa korban.

  2. 28 March, 2010 17:50

    Tidak jarang stok darah menjadi kosong. Pada saat seperti itu, keluarga pasien terpaksa harus mencari donor sukarela sendiri, membawanya ke UTD PMI Cabang Banda Aceh untuk mendapatkan darah secara langsung.
    Tingkat partisipasi masyarakat untuk menjadi donor sukarela saat ini masih jauh dari kebutuhan. Semoga ke depan teman-teman saman UI bersama dengan relawan PMI dan UTD dapat mengadakan kerjasama untuk membantu saudara kita di Aceh dalam memenuhi stok darah di UTDC Banda Aceh.

    • 29 March, 2010 17:36

      InsyaAllah, ini bisa jadi masukan yg positif untuk rekan-rekan di SAMAN UI dalam menanggapi masalah ini kedepan sebagai tindak sosial masyarakat. Terima kasih bang rahmat!

Trackbacks

  1. Tweets that mention PMI Aceh Butuh Darah 60 Kantong/hari « .: SAMAN UI :. -- Topsy.com

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: