Skip to content

20.000 Calon Mahasiswa Dapat Beasiswa

22 December, 2009
beasiswa

Ilustrasi : okezone

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) akan segera mencairkan beasiswa bagi 20.000 calon mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Para calon mahasiswa tersebut akan menerima Rp5 juta per orang.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Fasli Jalal mengatakan, beasiswa tersebut akan diberikan per semester. Dia mengharapkan, dengan pemberian beasiswa ini, jumlah keluarga miskin yang bisa menyekolahkan anaknya bisa meningkat.

Saat ini, ujar dia, tercatat anak dengan usia pendidikan perguruan tinggi dari keluarga miskin mencapai 20 persen dari total jumlah warga miskin di Indonesia. Dari jumlah itu, ungkap Fasli, baru sekira 3,3 persennya yang mengenyam pendidikan tinggi. “Begitu mereka masuk, kita harapkan tidak putus pendidikannya,” tegas Fasli sesuai penandatanganan MoU dengan para pemimpin perguruan tinggi negeri (PTN) di Bandung, kemarin.

Menurut Fasli, mekanisme pemberian beasiswa ini juga cukup mudah. Mahasiswa, ujar dia, hanya perlu mengunduh formulir pendaftaran di situs Depdiknas, yakni melalui http://www.dikti.go.id dan atau http://www.kelembagaan.dikti.go.id. Namun, jelas dia, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Di antaranya, siswa SMA/SMK/MA/ MAK/ sederajat yang akan lulus pada 2010, berprestasi akademik/ kurikuler peringkat 25 persem terbaik di kelas, atau prestasi kokurikuler dan atau ekstrakurikuler minimal peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan, beasiswa ini juga merupakan bagian dari komitmen perguruan tinggi sebagai bentuk tanggung jawab sosial bagi masyarakat. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: