Skip to content

Mahasiswa di Luar Negeri Difasilitasi

20 January, 2010
fasli jalal

Foto : winne.com

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan memfasilitasi mahasiswa Indonesia di luar negeri untuk bekerja di Tanah Air.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal mengatakan, saat ini jumlah mahasiswa Indonesia di luar negeri mencapai 40 ribu orang. “Sebanyak 40 persen menempuh pendidikan strata satu (S-1), sisanya S-2 dan S3,” ujar Fasli saat berkunjung ke Seputar Indonesia di Jakarta kemarin. Fasli menambahkan, ribuan mahasiswa itu terbagi atas 45 kelompok yang berada di bawah koordinasi Persatuan Pelajar Indonesia (PPI).

Mantan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) ini menambahkan, kondisi dunia kerja maupun pendidikan di Indonesia hingga saat ini memang belum dapat mengakomodasi para lulusan luar negeri. Karena itu Kemendiknas merasa wajib merancang pola penerimaan lulusan luar negeri agar bisa berkontribusi di negeri sendiri.

“Enam bulan sebelum kembali, rektor akan menentukan di mana calon kantornya, alat pekerjaan, mata pelajaran yang akan dipegang, dan penelitian apa yang akan dikembangkan,” ujarnya.

Kemendiknas juga akan memfasilitasi anggota Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional membuat riset gabungan. Menurut Mendiknas Mohammad Nuh, kementeriannya akan berperan aktif menangani lulusan dan mahasiswa di luar negeri dengan membuat penelitian khusus bagi mereka. Lulusan luar negeri itu akan dibuatkan laboratorium dengan anggaran khusus,sehingga hasil penelitian bisa dipakai untuk kepentingan nasional. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: