Skip to content

KAMMI Minta Perempuan Tidak Keluar Malam

21 January, 2010
KAMMI

Foto : Ucok Parta/ACEHKITA.COM

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia menuntut Pemerintah Kota Banda Aceh untuk melarang perempuan keluar rumah pada malam hari bila tidak didampingi muhrimnya.

Tuntutan itu disampaikan KAMMI saat berunjukrasa di Balai Kota mempertanyakan komitmen Pemerintah yang belum mampu mewujudkan Banda Aceh sebagai Bandar Wisata Islami, Kamis (21/1).

Menurut pendemo, pada 2009 lalu Pemko Banda Aceh menyatakan komitmennya untuk membentuk tim antimaksiat yang akan mengawasi implementasi syariat Islam, terutama para wanita yang masih bebas berkeliaran di atas jam 10 malam.

“Tapi nyatanya hingga hari ini masih banyak para wanita yang bebas berkeliaran sampai larut malam beserta pasangannya,” tulis KAMMI dalam siaran berita yang dibagi-bagi kepada wartawan di sela-sela demo.

Selain meminta agar Pemko melarang perempuan keluar malam bila tidak ditemani muhrimnya, massa KAMMI juga meminta Pemko serius mewujudkan Banda Aceh sebagai kota dengan julukan Bandar Wisata Islami.

“Bandar wisata islami hanya sebatas wacana yang didengungkan,” kata Ketua KAMMI Banda Aceh, Alfian Muhiddin dalam orasinya.

Menurutnya, untuk mewujudkan visi Bandar wisata islami, Pemko harus serius menegakkan syariat Islam di Banda Aceh.

Alfian juga meminta Pemko menerangi tempat-tempat gelap dan café-café remang yang sering jadi tempat nongkrong muda-mudi, khususnya di malam hari, karena dikhawatirkan disalahgunakan.

“Tim antimaksiat yang sudah dijanjikan dulu, juga harus diimplementasikan,” kata dia.

Wakil Walikota Banda Aceh yang menemui pendemo mengatakan, pihaknya mengakui visi Bandar wisata islami belum terwujud. Ia meminta warga tak menyalahkan Pemko, karena ini bukan tugas Pemerintah semata, tetapi juga butuh dukungan menyeluruh dari masyarakat.

Aksi ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Mahasiswa menggelar mimbar bebas di depan Balai Kota sambil mengusung sejumlah spanduk. Aksi bubar sekitar pukul 11.30, usai mendengar tanggapan Illiza. | acehkita

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: