Skip to content

Jumlah Mahasiswa Indonesia Peringkat Kedua di Belanda

15 February, 2010

Mahasiswa Indonesia di Belanda adalah kedua terbesar setelah China, dari jumlah mahasiswa Asia yang belajar di negara itu, kata Education Promotion Nuffic, Ariono Hadipuro di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan, berdasarkan data Nuffic tahun ajaran 2008-2009, Indonesia di posisi kedua dengan 1.350 mahasiswa, setelah China yang jumlah mahasiswanya mencapai 5.000 orang, disusul India (550), Korea Selatan (450) dan Vietnam (450).

Dari data itu, tercatat 601.896 mahasiswa studi di berbagai institusi pendidikan tinggi Belanda dengan 12,6 persen diantaranya mahasiswa asing. Program bachelor (sarjana) masih merupakan bagian terbesar dari mahasiswa Internasional yakni 77 persen, diikuti program master 22 persen.

Lebih lanjut Ariono menjelaskan, sejalan dengan kebijakan internasionalisasi pendidikan tinggi di Belanda, jumlah mahasiswa asing yang menempuh studi di Belanda cenderung meningkat dalam tiga tahun terakhir.

Dibandingkan tahun ajaran sebelumnya, data Nuffic Neso Indonesia menyebutkan adanya peningkatan 42 persen untuk jumlah mahasiswa asing di Belanda atau sebanyak 76.000 orang untuk tahun ajaran 2008-2009.

Untuk pilihan program studi favorit bagi mahasiswa asing di Belanda adalah ekonomi dan bisnis, ilmu sosial, teknik, budaya dan bahasa. Sedangkan untuk pilihan universitas, Universitas Maastricht menempati posisi pertama sebagai universitas terbanyak menerima mahasiswa asing, diikuti Universitas Fontys, Universitas Saxion, Universitas HAN, dan Universitas Teknologi Delft. | antaranews

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: