Skip to content

Beasiswa BIDIK MISI

11 March, 2010
Beasiswa BIDIK MISI

Beasiswa BIDIK MISI

Sebagai bentuk kepedulian dan semangat pemerataan kesempatan mengenyam pendidikan tinggi bagi calon mahasiswa baru yang berprestasi dan berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi, maka Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan Nasional RI mengadakan program Beasiswa BIDIK MISI.

Kesempatan ini terbuka untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK yang dijadwalkan lulus tahun 2010 serta mendaftarkan diri di Universitas Indonesia untuk Program Vokasi (melalui jalur masuk SIMAK) serta Program Sarjana Reguler (melalui jalur masuk PPKB dan SIMAK). Beasiswa ini bukan merupakan jalur masuk UI. Pemberian beasiswa ini hanya berlaku jika calon mahasiswa mendaftarkan diri terlebih dahulu di UI dan diterima pada Program Vokasi atau Sarjana Reguler tahun akademik 2010/2011 melalui jalur-jalur masuk tersebut di atas.

Perlu diketahui oleh para calon mahasiswa UI, beasiswa Bidik Misi ini mencakup biaya pendidikan per semester (Biaya Operasional Pendidikan dan Dana Kesejahteraan dan Fasilitas Mahasiswa) dan tidak mencakup Uang Pangkal. Untuk Uang Pangkal, UI menyediakan beasiswa tersendiri yang pengajuannya bersamaan dengan penetapan BOP Berkeadilan. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat diunduh di website UI pada saat Anda diterima di UI.

Pengajuan permohonan dilakukan secara kolektif oleh sekolah masing-masing dengan mengirimkan formulir yang telah diisi dan dilengkapi dengan berkas-berkas berikut ini:

  1. Formulir pendaftaran yang telah diisi oleh siswa yang bersangkutan dan dilengkapi dengan pasfoto ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar. Formulir pendaftaran dapat diunduh di alamat http://www.dikti.go.id dan/atau www.kelembagaan.dikti.go.id atau difotokopi dari panduan program beasiswa BIDIK MISI yang tersedia;
  2. Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) atau yang sejenis sebagai bukti siswa aktif;
  3. Fotokopi rapor semester 1 s/d 5 disertai surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan/akademik yang disahkan (legalisasi) oleh kepala sekolah/ pimpinan unit Dikmas;
  4. Fotokopi Kartu Keluarga Miskin.
  5. Bagi keluarga yang tidak memiliki kartu Keluarga Miskin, harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh kepala desa/kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat; atau oleh Instansi Pejabat yang berwenang mengeluarkannya;
  6. Slip gaji orang tua (ayah dan ibu, atau wali) yang bekerja di sektor formal, atau surat keterangan penghasilan total dari RT/RW yang diketahui lurah/Kepala Desa setempat bagi yang bekerja di sektor informal;
  7. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP orang tua;
  8. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya.
  9. Rekomendasi dari Kepala Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas yang memberikan keterangan bahwa pendaftar adalah siswa berprestasi yang orang tua/wali-nya kurang mampu;

Berkas dapat diajukan ke Rektor UI u.p. Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Gedung Pusat Pelayanan Mahasiswa Terpadu, Kampus UI Depok, 16424 dengan mencantumkan BIDIK MISI pada pojok kiri atas amplop.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://www.ui.ac.id
Penerimaan berkas paling lambat: 26 Maret 2010 cap pos
Pengumuman penerima : 7 Juni 2010 (bisa dilihat di http://www.ui.ac.id)

3 Comments leave one →
  1. 5 April, 2010 21:01

    Senang bisa membaca posting anda. visit me juga ya! 14:01

  2. aim permalink
    23 October, 2010 13:01

    uang pangkal itu apa si?
    dan untuk apa saja uang pangkal?

    Uang pangkal adalah uang yang dibayarkan sekali saja ketika pertama kali masuk ke Universitas Indonesia, dan digunakan untuk membiayai fasilitas penunjang yang bisa kita nikmati selama menjadi mahasiswa.

  3. lies permalink
    13 March, 2011 10:58

    apa hanya sekolah yang mendapat undangan dari ptp saja yang bisa merekomendasikan siswanya untuk mengikuti bidik misi?dan apa benar ada biaya pendaftaran sebesar 300 rb untuk siswa yang ingin mendaftar bidikmisi?, dan test dilaksanakan di ptp atau lembaga terdekat tanpa harus ke ptp-nya lagsung?

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: