Skip to content

Unsyiah Black List 70 Sekolah Menengah di Aceh

15 April, 2010
Unsyiah

Foto : soi.asia

Sedikitnya 70 SMA, SMK dan MA di Provinsi Aceh masuk daftar hitam (black list) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), sehingga lulusan sekolah itu tidak diberikan jatah penerimaan mahasiswa melalui jalur undangan seleksi masuk universitas (USMU).

Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unsyiah Samsul Rizal di Banda Aceh, Rabu, mengatakan, sekolah tersebut masuk dalam daftar hitam karena terbukti melakukan kecurangan secara massal dalam Ujian Akhir Nasional (UAN) seperti memberikan kunci jawaban.

“Jadi, dalam dua tahun ini lulusan SMA/MA yang masuk dalam daftar hitam tidak bisa masuk Unsyiah melalui jalur USMU, sedangkan melalui jalur lainnnya tidak masalah,” katanya. Ia mengatakan, sekolah tersebut telah melakukan kecurangan dengan memanipulasi nilai rapor siswa, maka mereka mendapat sanksi maksimal dua tahun ajaran jalur USMU tidak diberikan.

Menurut dia, sanksi tersebut merupakan sebuah peringatan yang diberikan kepada sekolah-sekolah di Aceh yang melakukan kecurangan dan tidak berlaku jujur, kata Syamsul tanpa menyebutkan nama sekolah-sekolah tersebut.

Setiap tahun akademik Unsyiah menjatahkan satu undangan setiap 15 orang siswa SMA/MA di 23 kabupaten/kota dan satu undangan setiap 10 siswa bagi sekolah internasional. “Semua sekolah di Aceh mendapatkan undangan USMU setiap tahunnya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, mahasiswa yang masuk jalur tersebut 99 persen anak di daerah provinsi paling barat pulau sumatera. Mereka merupakan putra-putri pilihan. Syamsul menyebutkan, jumlah mahasiswa yang diterima melalui jalur USMU pada tahun akademik 2009/2010 sebanyak 847 mahasiswa. Jumlah itu bisa bertambah, karena sekitar 500 mahasiswa/mahasiswi akan mendapatkan beasiswa.

Terkait dengan sekolah yang mendapat undangan tersebut, ia berharap dapat mempergunakannya dengan sebaik-baiknya, sehingga tidak menghilangkan kesempatan bagi anak lainnya. “Bagi siswa yang namanya telah diumumkan tidak diperkenankan untuk mengundurkan diri, karena itu juga akan berdampak terhadap sekolah nantinya,” jelasnya.

Mereka meminta semua sekolah di Aceh untuk dapat mempergunakan jalur tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga kesempatan tersebut dapat dipergunakan oleh calon mahasiswa di masa mendatang. | republika

One Comment leave one →
  1. 24 May, 2010 11:22

    assalamualaikum wr..wb..
    kapan kita bisa tau,,konfirmasi bagi para undangan masuk unsyiah…
    wassalam……………….

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: