Skip to content

Hasil Ujian Nasional 2010 Diumumkan

26 April, 2010
hasil ujian nasional 2010

Foto : NEVRIANTO HP

Hasil Ujian Nasional (UN) 2010, hari ini diumumkan secara serentak di seluruh Indonesia. Senin (26/4/2010). Data dinas Pendidikan Nasional menyebutkan, sejumlah 1.522.162 siswa SMA/MA di seluruh Indonesia tercatat mengikuti UN tahun ini.

Kelulusan siswa SMA/MA sebetulnya ditentukan oleh satuan pendidikan. Selain itu, para peserta didik dinyatakan lulus jika memenuhi syarat kelulusan. Seperti telah merampungkan seluruh program pendidikan, lulus aspek akhlak dan kepribadian, lulus mata pelajaran yang diujikan di sekolah dan lulus mata pelajaran yang diujikan melalui UN Untuk Ujian Negara, siswa dinyatakan mengulang atau tidak lulus jika terdapat nilai mata pelajaran yang kurang dari 4.00.

Tak hanya itu, siswa yang rata-rata enam mata pelajarannya kurang dari 5.50 dipastikan juga harus mengulang. Sebelumnya, Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh, menjelaskan, hasil UN tersebut bukanlah satu-satunya alat ukur bagi siswa dalam memperoleh syarat kelulusan.

Di samping hasil yang baik dalam UN, syarat lain penunjang kelulusan bagi siswa adalah juga telah merampungkan seluruh pendidikan dan penilaian aspek lain seperti ahlakul karimah siswa.

“Kelulusan siswa itu ditentukan oleh hasil satuan pendidikan. Salah satunya ya UN ini. Nah, hasil UN ini, Senin besok akan diumumkan ke sekolah-sekolah untuk selanjutnya disampaikan kepada siswa,” ujar Mendiknas di kantornya, di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. | tribunkaltim

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: