Skip to content

Gagal UN, Tetap Ada Kesempatan SNMPTN

30 April, 2010

Siswa yang tak lulus ujian nasional (unas) tidak hanya diberikan kesempatan untuk mengikuti unas ulangan. Tapi mereka juga tetap bisa mengikuti seleksi Nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Dengan jadwal dan persyaratan seleksi yang tidak berbeda dengan siswa yang sudah mendaftar sebelumnya.

Ketua panitia SNMPTN, Herry Suhardiyanto menegaskan, jadwal pelaksanaan SNMPTN tidak berubah. Justru dengan memajukan jadwal unas, pemerintah memberikan kesempatan yang luas agar seluruh siswa lulus dalam unas. “Dan sudah kami siapkan panitia serta persiapan lain dengan dua jadwal pendaftaran,” katanya.

Tahun ini, kata Herry, pendaftaran SNMPTN dilakukan dua kali. Pertama dibuka secara online melalui internet dengan website http://www.snmptn.ac.id mulai tanggal 2 hingga 31 Mei mendatang. Hari terakhir pendaftaran dibatasi hingga pukul 16.00 WIB.

Sementara unas susulan baru berlangsung pada 10 hingga 14 mendatang, kata Herry, panitia kembali membuka pendaftaran susulan 10 hingga 12 Juni. “Kesempatan ini hanya diberikan bagi siswa yang lulus sesuai mengikuti unas ulangan, tuturnya.

Kata dia, syarat dan ketentuan pendaftaran kedua tidak berbeda dengan unas yang pertama. Mereka juga mendaftar melalui internet. Dengan biaya yang sama, yaitu senilai. Rp 150 ribu untuk kelompok ujian IPA/IPS dan Rp 175 ribu untuk siswa yang memilih ujian IPC.

Menteri Pendidikan Nasional (mendiknas) M. Nuh menjelaskan, pelaksanaan SNMPTN yang rencananya akan berlangsung pada 16 dan 17 Juni mendatang. Nuh menjamin, siswa yang mengikuti unas susulan bisa mendaftar untuk mengikuti SNMPTN. “Semua universitas sudah mengetahui itu, Jadi tidak perlu khawatir,” ujar Nuh sesuasi menyemangati siswa yang mengulang ujian di SMAN 15 Jakarta Utara kemarin.

Nuh menambahkan, jika saat unas ulangan nanti siswa tetap dinyatakan tidak lulus. Mereka tak boleh putus asa. Pasalnya, untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri bisa dengan cara mengikuti ujian kesetaraan paket C. “Paket C itu statusnya setara dengan unas ulangan,” ucapnya. “Kalau sudah punya sertifikat paket C, ya tetap bisa kuliah di PTN,” tambah mantan Menteri Komunikasi dan Informasi itu. | fajarmetronews

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: