Skip to content

Pendaftar Sulit Masukkan Foto

12 May, 2010
snmptn

Ilustrasi: nadagama

Memasuki hari ketujuh pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), terdata sebanyak 1.298 orang telah mendaftarkan diri. Masing-masing IPA 405 pendaftar, 451 pendaftar IPS dan 442 pendaftar IPC.

Saleh Usman, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Unmul menuturkan, kebanyakan pendaftar mengeluhkan kesulitan dalam pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi melalui internet. “Selain itu, ada pula siswa yang masih menunggu ijazah atau SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) dan masih bertanya-tanya mengenai cara pendaftaran. Waktu pendaftaran juga masih cukup panjang, hingga 31 Mei mendatang,” papar Saleh, Selasa (11/5).

Pantauan Tribun di Ruang Rapat Rektorat Unmul yang menjadi ruang informasi SNMPTN, Selasa (11/5), terlihat ramai dengan pendaftar SNMPTN. Mereka menanti giliran untuk bertanya kepada dua petugas yang duduk di depan komputer. Beberapa pendaftar mengaku datang dari luar Samarinda dan belum mendaftar secara online karena tidak mengerti cara memasukkan informasi ke dalam formulir yang disediakan dalam website.

“Saya datang dari Kotabangun. Saya sebenarnya tahu cara menggunakan internet, tetapi saya kesulitan memasukkan foto karena harus 100 KB. Jadi saya kemari saja, sekaligus bertanya mengenai hal lain,” kata Aina, pelajar asal Kotabangun.

Gadis berambut panjang itu telah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran. “Saya juga sudah membayar biaya pendaftaran. Saya ingin mendaftar di Fakultas Pertanian Unmul,” ujarnya, tersenyum.

Para pendaftar yang mendatangi ruang informasi SNMPT, tak datang sendiri. Beberapa pendaftar bahkan ditemani orangtua atau saudara mereka. “Sebagian besar memang tak tahu cara memasukkan foto dengan kapasitas 100 KB. Solusinya sebenarnya ukuran foto dikecilkan saja. Pada intinya kami hanya memberikan informasi saja dan memudahkan pendaftar untuk memasukkan informasi.” kata salah satu petugas.

Sekadar diketahui, mulai tahun ini Unmul tak lagi melayani pendaftaran SNMPTN secara manual dan kini sudah dilakukan secara online melalui http://www.snmptn.ac.id. Pendaftar terlebih dahulu membayar biaya biaya melalui loket/ATM atau internet banking Bank Mandiri, setelah itu bisa mendaftar melalui website.

Sebelumnya, usulan daya tampung SNMPTN 2010 di Unmul sebanyak 3.080 kursi dari 11 fakultas dan dua unit pelaksana. Jumlah itu lebih sedikit dibandingkan daya tampung SNMPTN tahun lalu sebanyak 3.470 kursi. Namun, tahun lalu tidak menyediakan jalur penerimaan menggunakan beasiswa bidik misi sebanyak 300 orang. | tribunkaltim

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: