Skip to content

Wapres Kucurkan Bantuan Pendidikan Rp2,3 Miliar

27 May, 2010
Wapres Boediono

Foto tempe.wordpress.com

Bantuan untuk peningkatan mutu pendidikan senilai Rp2,3 miliar diserahkan Wakil Presiden Boediono saat kunjungan kerjanya selama dua hari di Provinsi Bali.

“Bantuan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk terus menjadikan sektor pendidikan sebagai prioritas tertinggi,” kata Boediono di SMAN 1 Denpasar, Rabu 26 Mei kemarin. Bantuan itu nantinya bisa digunakan untuk beasiswa anak miskin dan cacat, madrasah aliyah serta untuk pengembangan agama Hindu dan Budha.

Boediono menekankan, pentingnya pendidikan berkarakter, guna melahirkan generasi dan pemimpin-pemimpin baru di masa depan yang memiliki karakter kuat. “Pembentukan karakter tidak saja melalui ujian nasional ataupun ulangan di akhir semester,” katanya mengingatkan.

Menurutnya, pendidikan berkarakter menjadi kunci utama dalam mencetak siswa menjadi calon pemimpin masa depan. “Pembentukan karakter sejak dasar akan lahir pemimpin yang lebih baik dari generasi sebelumnya sehingga diharapkan bisa mengangkat martabat bangsa menjadi lebih baik di mata bangsa lain,” tegas dia.

Karenanya guna bisa mencapai tujuan itu, alumnus Fakultas Ekonomi UGM Jogjakarta ini, menegaskan pentingnya mengikuti tauladan para pemimpin bangsa di dunia. Pengetahuan tentang biografi pemimpin nasional maupun di dunia sangat penting sekaligus menjadi sumber inspirasi.

“Saya anjurkan kalian untuk membaca biografi mereka. Tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa mengaksesnya. Dari internet saja sudah bisa dilihat,” tandas dia.

Saat mendampingi Wapres, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyatakan, tahun ini Bali telah menerapkan anggaran pendidikan 20 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp369 miliar. Besaran itu meningkat dibandingkan tahun lalu sebesar Rp320 miliar. “Tahun ini kami juga dibantu dana dekonsentrasi sebesar Rp410 miliar,” imbuhnya

Dalam kunjungan kerjanya itu Boediono didampingi Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh dan Menteri Agama Suryadarma Ali. Selama di Pulau Dewata, Boediono dijadwalkan membuka kongres Federasi Real Estate Internasional (FIABCI) di Nusa Dua. Rencananya besok Kamis, Boediono dijadwalkan melakukan kunjungan ke Buleleng guna menyerakan bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. | okezone

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: