Skip to content

Hari Ini Hasil UMB-USU Diumumkan

8 June, 2010
USU

Ilustrasi: matanews.com

Hasil ujian tulis Ujian Masuk Bersama PerguruanTinggi Negeri (UMB-PTN) 2010 dijadwalkan akan diumumkan secara serentak padahari ini, Selasa (8/6) melalui website spmb.or.id atau di website usu.ac.idmulai pukul 18.00 WIB.

“Pada jalur UMB ini, USU akan menampung sebanyak 2.347 mahasiswa baruuntuk Tahun Akademik 2010/2011 dari 34.651 peserta,” kata Penanggung JawabInformasi UMB USU Bisru Hafi SSos MSi di kampus USU, Padang Bulan Medan, Senin (7/6) sore.

Menurutnya, sejumlah mahasiswa tersebut nantinya akan melakukankegiatan belajar mengajar di 13 fakultas dengan 46 program studi S-1 yangdimiliki USU sesuai dengan pilihan calon mahasiswa.

Selanjutnya bagi peserta yang lulus diwajibkan untuk mengikutitahapan Pelaporan dan Pendaftaran Mahasiswa Baru USU pada tanggal 16-17 Juni2010 pukul 08.00 WIB. Jadwal Pelaporan sebagimana yang telah ditetapkan untukBidang Non-Eksakta tanggal 16 Juni dan untuk Bidang Eksakta tanggal 17 Juni.Seluruh rangkaian pelaporan tersebut dipusatkan di Gelanggang Mahasiswa JalanUniversitas Kampus USU.

Ketentuan bagi peserta pelapor yang lulus melalui jalur UMB iniadalah, harus datang sendiri (tidak boleh diwakilkan), berpakaian rapi (tidakdibenarkan memakai kaos oblong, sandal/slop dan topi maupun cadar). Sedangkankelengkapan yang harus dibawa pada saat pelaporan adalah Kartu Tanda PesertaUjian UMB-SPMB asli, Ijazah/SKHUN asli yang dilengkapi pasfoto.  Surat gantinama bagi yang pernah ganti nama.

Kemudian, sebelum melakukan Pendaftaran pada tanggal 22 s/d 23 Juni,ada dua tahapan yang harus diikuti oleh peserta yang telah lulus tersebut,yaitu melakukan Pemeriksaan Kesehatan di Poliklinik Jalan Universitas Kampus USU dan Pembayaran SPP serta Dana Kelengkapan Akademik (DKA) di seluruhcabang Bank BNI mulaitanggal 17 s/d 21 Juni 2010.

Sedangkan Pendaftaran Mahasiswa Baru USU yang lulus melalui jalur UMBdijadwalkan pada tanggal 22 s/d 23 Juni 2010. Pada saat mendaftar calonmahasiwa tersebut harus telah mengisi dan melengkapi formulir isian berkaspekat pendaftaran yang telah diterima pada saat pelaporan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya pelaksanaan UMB-PTN Tahun 2010berlaku secara serentak dan bersamaan untuk 12 perguruan tinggi peserta diseluruh Indonesia. Ke 12 PTN tersebut terdiri dari Universitas Syiah Kuala(Unsyiah), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sumatera Utara(USU), Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP),Universitas Jambi (Unja), Universitas Indonesia (UI), Universitas NegeriJakarta (UNJ), Universita Islam Negeri Jakarta, Universitas Islam NegeriMakasar, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Negeri Semarang.

Jadwal tahapan UMB-PTN diawali dengan Pembayaran di Bank BNI yangdimulai 22 Februari s/d 19 Mei 2010, Pendaftaran On-Line dimulai 12 April s/d19 Mei, Ujian Tulis 22 Mei, dan pengumuman hasil ujian tulisnya dijadwalkanpada hari ini.

Jumlah peserta pendaftar UMB USU tahun ini sebanyak 35.675 dirasameningkat cukup tajam dibanding tahun lalu yang hanya berkisar 28 ribu.Sedangkan jumlah peserta yang telah mencetak kartu ujian atau yang dianggapsebagai peserta ujian UMB tahun ini mencapai 34.651. Perincian peserta iniadalah 14.845 kelompok IPA, 10.023 kelompok IPS, dan 9.783 kelompok IPS. | beritasore

2 Comments leave one →
  1. zhon permalink
    8 June, 2010 21:01

    kok g da pengumumannya melalui website spmb.or.id atau di website usu.ac.id?

    gimana caranya?
    tlg bls langkah2nya
    trimakasih

  2. randi pranata permalink
    11 January, 2011 20:36

    kak,
    gimana caranya daftar scara online..?

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: