Skip to content

1.357 Calon Mahasiswa Lulus UMB di Unsyiah

9 June, 2010

Sebanyak 1.357 calon mahasiswa (cama) dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh melalui Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN) tahun ajaran 2010/2011 untuk 45 program studi (Prodi) yang ada di universitas itu.

Hasil lengkap pengumuman tersebut disiarkan melalui laman (website) http://www.spmb.or.id atau melalui website http://www.unsyiah.ac.id mulai pukul 18.00 WIB, Selasa (8/6).

Informasi tersebut disampaikan Pembantu Rektor Bidang Akademik Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal M.Eng di Ruang Mini Rektorat Unsyiah, Selasa (8/6) sore. Turut hadir Kepala Humas Unsyiah, Drs A Wahab Abdi M.Si.

“Jumlah yang diterima di Unsyiah melalui UMB sebanyak 1.357 calon mahasiswa atau lebih besar dari jumlah alokasi penerimaan yang kita tetapkan sebelumnya sebanyak 1.228 orang,” ujar Samsul Rizal.

Ujian tulis UMB-PTN di Unsyiah tahun ini yang dilaksanakan 22 Mei lalu diikuti 8.952 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 1.447 orang kelompok IPS, 2.398 kelompok IPA, dan 5.107 di kelompok IPC.

UMB 2010 dilaksanakan 12 PTN di Indonesia, yaitu Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jambi, Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Palangkaraya dan UIN Alauddin Makassar.

Wahab Abdi menyebutkan, dari jumlah mahasiswa lulus UMB yang diterima di Unsyiah, hampir 50 persen berasal dari luar Aceh yang ikut tes di beberapa PTN luar daerah. Seperti yang ikut tes UMB di USU sebanyak 516 orang atau 38 persen, selebihnya dari Padang, Jambi maupun UI Jakarta.

Prodi yang paling banyak diminati di Unsyiah adalah Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Ilmu Hukum dan beberapa prodi lainnya.

Menyangkut dengan pendaftaran ulang mahasiswa baru yang lulus UMB tahun 2010/2011, akan berlangsung pada 14-18 Juni 2010 mendatang di Kampus Unsyiah, yang tidak bisa diwakili.

Beberapa kegiatan saat pendaftaran ulang antara lain pemotretan, pengambilan berkas pendaftaran, test Kesehatan/narkoba, pengembalian berkas seperti ijazah asli, nilai ujian nasional (UN) masing-masing 2 lembar yang telah dilegalisir dan membayar biaya pendidikan, SPP dan lain-lain.

Sementara bagi mereka yang tidak lulus UMB, masih bisa ikut lagi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Universitas (SNMPTN) yang dilaksanakan pada 16-17 Juni 2010. | analisadaily

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: