Skip to content

Ujian SNMPTN di Banda Aceh Bikin Macet

16 June, 2010

Pelaksanaan ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2010 di Universitas Syiah Kuala yang diikuti 11.382 peserta mengakibatkan kemacetan lalu lintas di kawasan Darussalam, Banda Aceh.

Pantauan dari Banda Aceh, Rabu (16/6/2010) menunjukkan ruas jalan T Nyak Arief, Darussalam macet terutama di persimpangan kampus Fakultas Ekonomi dan Biro Rektor Unsyiah saat berakhirnya pelaksanaan ujian hari pertama.

Kemacetan tersebut disebabkan belasan ribu peserta SNMPTN yang ikut ujian di Unsyiah dan beberapa sekolah di kawasan Darussalam keluar bersamaan setelah menyelesaikan ujian. Selain kampus Unsyiah untuk kelompok IPC dan IPS, panitia juga menyiapkan lokasi ujian di SDN 54 (Yayasan Tahija), Lampineung, hingga ke SMP Negeri 2 Lampriet, Banda Aceh untuk kelompok IPA.

Di beberapa persimpangan, terlihat aparat kepolisian mengatur lalu lintas untuk melancarkan arus kendaraan seperti di gerbang kampus Unsyiah, persimpangan jembatan Lamnyong dan simpang Fakultas Ekonomi.

Kemacetan terjadi mulai dari seputaran gedung Ruang Kuliah Umum (RKU) hingga jalan depan Biro Rektor Unsyiah dan gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unsyiah. Kendaraan semakin padat dan merayap di sepanjang jembatan Lamnyong bahkan sebagian sepeda motor masuk ke jalur lainnya untuk mempercepat laju kendaraan.

Sebanyak 11.382 peserta SNMPTN terdaftar ikut ujian di Unsyiah selama dua hari pada 16-17 Juni 2010. Unsyiah menerima lebih 7.000 mahasiswa baru pada tahun ajaran 2010. Sebelumnya Unsyiah menerima 1.222 mahasiswa baru di 45 program studi melalui jalur Ujian Masuk Bersama (UMB).

Keseluruhan mahasiswa tersebut akan ditampung melalui beberapa jalur tes yaitu Ujian Seleksi Masuk Universitas (USMU), UMB, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur mandiri dan jalur pengembangan daerah (JPD). | kompas

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: