Skip to content

Aceh Targetkan Bebas Ganja 2015

27 June, 2010

Pemerintah Aceh menargetkan daerahnya bebas dari tanaman ganja pada tahun 2015, melalui operasi pemberantasan intensif di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi itu. “Kami menargetkan Aceh terbebas dari tanaman ganja pada 2015, bersamaan akan dilakukannya pembasmian tumbuhan itu secara gencar dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat dan aparat keamanan,” kata Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar di Sigli, Sabtu (26/6).

Hal itu dikatakan Wagub Aceh disela-sela apel akbar peringatan Hari Antinarkoba Sedunia 2010 yang digelar di Alun-Alun Kota Sigli, Kabupaten Pidie atau sekitar 100 kilometer arah timur Kota Banda Aceh. Wagub menjelaskan, tanaman ganja telah menimbulkan pandangan buruk tentang Aceh, oleh karena itu, seluruh elemen masyarakat bersama-sama dengan aparat penegak hukum akan memberantasnya.

Muhammad Nazar menyatakan Pemerintah Aceh dengan dukungan lembaga donor telah menyiapkan program alternatif sebagai peganti tanaman ganja yang sebagian memang menjadi usaha oknum masyarakat. “Kami berharap melalui program pembangunan alternatif pengganti tanaman ganja di daerah yang sebelumnya tercatat sebagai ladang, maka masyarakat bisa beralih dengan tanaman produktif seperti jagung, cabai dan aneka produk pertanian lainnya,” kata wagub.

Ia mencontohkan program pembangunan alternatif di salah satu “lumbung” ganja di kawasan Lamteuba, Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar, sudah berhasil dan ke depan juga dicoba seperti di Aceh Tenggara. Selain itu, Muhammad Nazar menyatakan prihatin terhadap tingginya angka kriminalitas akibat pengaruh narkotika sepanjang beberapa tahun terakhir di provinsi ujung paling barat Indonesia ini.

Data kepolisian menyebutkan jumlah kasus Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba yang terjadi pada 2006 sebanyak 477 kasus, 599 kasus (2007), kemudian menurun menjadi 583 kasus (2008) dan 562 kasus Januari-November 2009. Sementara tersangka narkotika sebanyak 650 orang (2006), 829 orang (2007), 755 (2008) serta Januari-November 2009 tercatat 730 tersangka. | liputan6

3 Comments leave one →
  1. 27 June, 2010 14:57

    mudah”an bener” bebas ganja ya…makasih infonya…salam hangat,,,

  2. gomas permalink
    28 December, 2010 14:02

    bebas ganja pala lho di takengon masih banyak bandar narkoba yang di lindungi oleh polisi salahsatunya kec silih nara kampung rutih

Trackbacks

  1. Tweets that mention Aceh Targetkan Bebas Ganja 2015 « .: SAMAN UI :. -- Topsy.com

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: