Skip to content

Mahasiswa Harus Awasi Tindak Korupsi

5 July, 2010

Mahasiswa diharapkan mampu mengawasi serta melaporkan segala bentuk tindak pidana korupsi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mahasiswa harus bersinergi dengan hukum yang ada agar semua bentuk laporan bisa dibuktikan kebenarannya.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua KPK, Chandra Marta Hamzah, pada diskusi publik “Selamatkan KPK”, di Gedung Rektorat Unpad lantai empat, Minggu (4/7). Menurut dia, mahasiswa sudah tahu apa yang harus dilakukan karena mereka adalah agent of change.

Chandra menambahkan sebagai agent of change, mahasiswa mempunyai tujuan untuk membangun negara ini menjadi lebih baik tanpa adanya korupsi. “Berbagai sektor di nusantara ini tidak terlepas dari korupsi, seperti buruknya sektor lingkungan hidup,” tutur Chandra.

Menurut Chandra, menegakkan kasus hukum butuh proses yang panjang, mulai dari penemuan kasus, penyelidikan serta keputusan. Oleh karena itu, banyak orang menganggap KPK bekerja lambat karena kami memegang teguh prinsip satu saksi tidak cukup untuk membuat laporan.

Namun, apabila kasus tersebut sudah mencapai tahap penyidikan tidak bisa dihentikan. Dengan cara begitu suatu hukum tidak bisa direkayasa. “Di Indonesia banyak kasus yang direkayasa, saya pun pernah mengalaminya,” ujar Chandra.

Sementara itu, menurut Chandra sejauh ini KPK belum mengambil keputusan untuk membuat perwakilan KPK di daerah. “Tidak akan ada kesulitan yang berarti jika kami tetap berpusat di Jakarta. Banyak kok kasus di daerah yang masih bisa tertangani,” kata Chandra.

Namun, undang-undang membolehkan apabila KPK mempunyai perwakilan di daerah tapi dilihat dulu kebutuhannya. “Kami masih bisa mengendalikan serta mengawasi dari pusat. Misalnya, kasus korupsi di salah satu pulau di Irian Jaya yang secara jarak sangat jauh dari Jakarta,” ujar Chandra. | pikiranrakyat

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: