Skip to content

Kemampuan Baca Al-Quran Calon Siswa Meningkat

8 July, 2010
baca quran

Foto: cianjurcybercity.com

Hasil tes membaca Quran saat seleksi penerimaan siswa baru di beberapa sekolah di Bireuen menunjukkan bahwa kemampuan siswa baru dalam membaca Quran meningkat dibandingkan tahun lalu. Demikian disampaikan beberapa kepala sekolah.

Sebelumnya, seluruh sekolah di Bireuen mengadakan tes ujian tulis bagi calon siswa baru. Hasil tes akan dipadukan dengan kemampuan membaca Quran dan diumumkan dalam beberapa hari ini.

“Jumlah pendaftar sebanyak 600 orang lebih, saat seleksi membaca Alquran beberapa hari lalu, hanya beberapa calon siswa yang tidak bica membaca Kitab Suci umat Islam itu. Memang masih ada yang belum bisa membaca, tapi jumlahnya sangat kecil. Tahun lalu mencapai belasan calon siswa tidak bisa membaca,” ucap kepala SMKN 1 Bireuen, Darmawan, tuturnya, tadi malam.

Kepala SMPN 2 Bireuen, Syafruddin secara terpisah mengabarkan, saat seleksi membaca Alquran bagi calon siswa baru dilakukan dengan cermat beberapa hari lalu dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan calon siswa.

“Memang masih ada yang belum bisa, tapi jumlahnya sedikit sekali,” kata Syafruddin.

Sementara, kepala MTsN Bireuen, Hasbi, mengatakan, jumlah pendaftar tahun ini sebanyak 240 orang, saat diseleksi membaca Alquran tujuh orang di antaranya sama sekali tidak bisa membaca Alquran. Sementara pada tahun lalu, jumlah pendaftar sekitar 200 orang dan empat orang di antaranya sama sekali tidak bisa membaca Alquran.

“Dari jumlah yang tidak bisa membaca data dua tahun memang tidak ada peningkatan, tapi kemampuan membaca dan mengerti tajwid jauh lebih baik tahun ini,” kata Hasbi.

Hampir senada juga disampaikan Bustami selaku Kepala SMPN 2 Plimbang. Menurutnya, seluruh (55 orang) calon siswa di sekolah itu bisa membaca Alquran. “Tahun lalu, masih ada calon siswa yang kurang lancar, tahun ini semua lancar membaca Alquran,” katanya. | waspada

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: