Skip to content

LSF Akan Dibentuk di Aceh

8 July, 2010
sensor

Ilustrasi: ryankharisma-88.blogspot.com

Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia, DR Mukhlis Paeni menyatakan akan segera dibentuk Lembaga Sensor film di Provinsi Aceh, karena selama ini banyak siaran lokal yang luput dari pengawasan Pemerintah Pusat dalam hal ini LSF.

“LSF daerah akan menjadi perpanjangan tangan dari LSF nasional,” ujar Mukhlis di Banda Aceh, Senin (5/7).

Mukhlis mengatakan, LSF di daerah akan terbentuk dalam waktu dekat tetapi belum bisa dipastikan tanggalnya. Apapun yang tak layak menjadi tontonan di Aceh, nanti akan menjadi perhatian lembaga sensor daerah, karena setiap tayangan harus melalui klasifikasi dan hal yang demikian saat ini belum dilakukan.

Ke depan dengan terbentuknya lembaga sensor di setiap daerah, semua hal yang dianggap tabu dan tidak pantas untuk ditonton akan dipotong. “Semua film yang akan ditayangkan harus melewati lembaga sensor dan iklan juga,” terangnya.

Disebutkan, wilayah Indonesia terdapat berbagai keberagaman, oleh karena itu semua hasil kerja bisa diterima dengan pluralisme. Namun, apa yang layak ditonton di daerah lain belum tentu layak diterima oleh masyarakat Aceh.

Kendala yang dihadapi LSF saat ini ibarat buah simala kama, saat melakukan pemotongan dituding menghambat kreatifitas, sedangkan bila tidak malah dikatakan mengobral kebejatan.

Gubernur Aceh diwakili Asisten III, Marthin Desky menyatakan pembentukan lembaga sensor film daerah diharapkan mampu menerapkan falsafah syariat Islam yang saat ini dijalankan di Aceh serta budaya keacehan.

Selain itu, Gubernur juga meminta agar LSF tidak hanya mengurusi permasalahan sensor film saja, namun ke depan juga dapat mensensor situs-situs terlarang. | analisadaily

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: