Skip to content

Guru Aceh Bebas “Buta Teknologi” 2015

19 July, 2010
keyborad

Ilustrasi: imageshack.us

Pemerintah Aceh berupaya membebaskan guru dari “buta teknologi” hingga 2015, melalui program pelatihan teknologi informasi dan komputer kepada para pengajar dari berbagai kabupaten/kota di provinsi itu.

“Kami terus berupaya mencapai target guru Aceh bebas dari ‘buta teknologi’ sehingga mereka tidak jauh tertinggal dalam penguasaan teknologi yang berkembang pesat selama ini,” kata kepala UPTD Teknologi komunikasi pendidikan (Tekkomdik) Aceh, Bustamam Ali, siang ini.

Dijelaskan, program tersebut setiap tahunnya digelar Tekkomdik namun jumlah guru yang dilatih masih terbatas karena terkandala minimnya dukungan anggaran dari pemerintah.

“Tapi kami tetap melakukan berbagai upaya bagi peningkatan kemampuan guru dalam menguasai teknologi informasi, sesuai harapan pemerintah dan masyarakat Aceh menghasilkan pendidikan berkualitas di daerah ini,” kata Bustamam.

Jumlah guru dari tingkat SD hingga SMA/sederajat mencapai sekitar 70 ribu orang, tersebar di 23 kabupaten/kota di provinsi berpenduduk 4,6 juta jiwa tersebut.

Menurut Bustamam Ali, pentingnya guru menguasai teknologi informasi dan komputer itu jangan sampai murid atau siswa lebih pintar dari tenaga pendidik.

“Kami prihatin masih ada guru khususnya di daerah terpencil di Aceh yang tidak mengerti bagaimana mengoperasikan komputer, meski peralatan tersebut telah dimiliki sekolah atas bantuan pemerintah,” katanya menjelaskan.

Oleh karenanya, untuk mendorong agar target guru bebas “buta teknologi” maka perlu dukungan semua pihak, seperti PT Telkom Indonesia dan elemen masyarakat lainnya di daerah-daerah.

“Artinya, jangan sampai guru setelah memperoleh pelatihan cara mengakses ilmu pengetahuan melalui teknologi informasi (internet) di sini (Balai Tekkomdik), maka tidak bisa diprakteknya ketika sampai di daerah mereka karena jaringan internet tidak tersedia,” katanya mencontohkan.

Ia menjelaskan selain itu, Pemerintah Aceh juga perlu memperhatikan anggaran untuk penyediaan perangkat komputer merata di seluruh sekolah di provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut. | waspada

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: