Skip to content

Skema Yang Harus Diperhatikan Oleh Camaba UI

19 July, 2010
Makara UI

Foto: wikimedia.org

Selamat bergabung dengan keluarga besar Universitas Indonesia.🙂

Sebelum menjalankan aktivitas sebagai civitas academica Universitas Indonesia, ada tahap yang harus ditempuh oleh calon mahasiswa baru (Camaba) Universitas Indonesia, yaitu registrasi.

Tahap ini dimulai dari mengonfirmasi cara pembayaran dan hanya bisa dilakukan pada tanggal 17 Juli 2010 – 19 Juli 2010 melalui account Camaba (masukkan nomor ujian dan klik SNMPTN pada box Lihat Hasil Seleksi, lalu masuk ke box Konfirmasi Registrasi Universitas Indonesia dengan memasukkan 16 kode PIN ketika mendaftar SNMPTN dalam huruf kecil dan tanpa tanda -).

Jika melihat biaya pendidikan UI S1 reguler 7.500.000/semester untuk sains dan 5.000.000 untuk humaniora, sesungguhnya itu bukanlah biaya mutlak bagi camaba tersebut. Camaba memiliki hak untuk memilih membayar biaya tersebut secara penuh dan cicil jika memang mampu.

Namun, Camaba juga memiliki hak untuk memilih opsi cara pembayaran: mengajukan BOP Berkeadilan, untuk mendapatkan besaran yang berbeda, yaitu disesuaikan dengan kemampuan penanggung biayanya.

BOP:
100.000 – 5.000.000 untuk humaniora
100.000 – 7.500.000 untuk sains.

UP:
0 – 5.000.000 untuk FKM, FMIPA, FIK, dan FIB
0 – 10.000.000 untuk FISIP, FH, FE, dan FPsi
0 – 25.000.000 untuk FK, FKG, FT, dan Fasilkom

Pengajuan BOP-Berkeadilan ini merupakan hak SEMUA camaba S1 reguler tanpa prasyarat apapun, karena BOP-Berkeadilan adalah mekanisme pembayaran, bukan bantuan untuk yang tidak mampu.

Setelah memilih opsi: mengajukan BOP-Berkeadilan, camaba dapat mengisi formulir secara online. Isi data tersebut dengan cermat dan konfirmasikan validitas data tersebut dengan orang tua atau penanggung biaya. Semua isian wajib diisi dengan sebenar-benarnya. Penyalahgunaan isian formulir BOP Berkeadilan dapat mengakibatkan status penerimaan dibatalkan. Formulir tidak dapat diubah lagi setelah disimpan. Pengisian formulir BOP-B online ini dapat dilakukan pada tanggal 17 Juli 2010 – 21 Juli 2010.

Kemudian camaba harus mengunduh http://penerimaan.ui.ac.id/doc/2010/1/2/Form-BOP-UP-2010-SNMPTN.pdf lalu mengisinya dengan benar, melengkapi dengan berkas pendukung dan mengirimkan ke:

Panitia Penetapan BOP dan Beasiswa Uang Pangkal
Perpustakaan Pusat UI Gedung A lantai 1
Kampus UI Depok 16424

Tanggal batas berkas BOP-B diterima oleh UI (bagi yang mengajukan) adalah tanggal 21 Juli 2010 (tanggal sampai di UI, bukan tanggal cap pos).

Pengumuman hasil penetapan BOP-B dan Beasiswa Uang Pangkal adalah tanggal 24 Juli 2010 dan tanggal batas pembayaran biaya pendidikan adalah sampai dengan tanggal 28 Juli 2010.

Setelah menerima hasil penetapan BOP-Berkeadilan dan UP, camaba akan diberikan 3 opsi, yaitu menerima (berarti tidak ada masalah dengan besaran biaya yang ditetapkan dan menyanggupinya untuk membayar lunas), mengajukan cicilan (berarti tidak ada masalah dengan besaran biaya yang ditetapkan namun tidak menyanggupi untuk membayar lunas), dan mengajukan pertanyaan (jika masih memiliki kendala terhadap besaran biaya, cicilan, atau waktu yang ditetapkan). Opsi ini hanya bisa dipilih pada tanggal 24 dan 25 Juli 2010. Oleh sebab itu, segera buka account camaba pada tanggal pengumuman hasil penetapan (24 Juli 2010), diskusikan dengan orang tua/penanggung biaya, dan buat keputusan.

Jika tidak ada masalah, segera konfirmasi menerima dan lakukan pembayaran maksimal pada tanggal 28 Juli 2010. Jika ingin mengajukan cicilan, konfirmasi mengajukan cicilan dan skema cicilan akan diberikan kemudian (40%, 30 %, 30%), setelah itu lakukan pembayaran cicilan tahap I maksimal pada tanggal 28 Juli 2010. Jika masih punya kendala untuk melunasi besaran yang ditetapkan, pilih opsi mengajukan pertanyaan dan pihak UI akan mengajukan otomatis tunda bayar bagi pengaju sampai pengajuan selesai diproses.

Untuk hal ini, kesma BEM se-UI dan paguyuban daerah masing-masing akan siap membantu. Namun, tetap ikuti seluruh prosedur yang ada, perhatikan tanggal-tanggal penting, dan senantiasa concern terhadap pengumuman di media online maupun cetak.

Mohon perhatikan, kesalahan dalam memilih (mengeklik) cara pembayaran berdampak tidak dapat diubahnya lagi pilihan cara pembayaran. Kesalahan mengisi berkas formulir BOP-Berkeadilan berdampak denda 2x bayar penuh — jika terbukti ada unsur kebohongan.

Penyalahgunaan isian data dapat berdampak status penerimaan camaba dibatalkan (jadi, jujur, ya. ^^). Kesalahan terlambat melakukan pembayaran berdampak denda 50%. Tidak menempuh mekanisme BOP-Berkeadilan pada awal berdampak tidak bisa update besaran pembayaran ke depannya. (Jadi, jangan malas mengikuti prosedurnya meski tampak ribet, ya.)

Tidak tertutup kemungkinan informasi terkait jadwal dan penetapan berkembang. Untuk itu, kunjungi account sesering mungkin agar tidak tertinggal informasi yang seringkali berkembang dengan progresif dan “save as page” setiap informasi baru yang didapatkan. Ikuti forum-forum mahasiswa UI S1 reguler 2010 dan komunikasikan segala kendala yang dihadapi.

Setelah melalui tahap registrasi pembayaran, calon mahasiswa baru diwajibkan hadir pada tahap registrasi akademik (daftar ulang) dan tidak dapat diwakilkan, di Gedung Pelayanan Mahasiswa Terpadu, Kampus UI Depok pada tanggal 29 Juli 2010 dengan jadwal sebagai berikut:

Pk 08.00 – 10.00 WIB
* Fak. Kedokteran (FK)
* Fak. Kedokteran Gigi (FKG)
* Fak. Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
* Fak. Teknik (FT)
* Fak. Kesehatan Masyarakat (FKM)
* Fak. Ilmu Komputer (FASILKOM)
* Fak. Ilmu Keperawatan (FIK)

Pk 10.00 – 12.00 WIB
* Fak. Hukum (FH)
* Fak. Ekonomi (FE)
* Fak. Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB)
* Fak. Psikologi (FPsi)
* Fak. Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP)

Kelengkapan pendaftaran yang harus dibawa antara lain:

  1. Asli Kartu Ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun Akademik 2010/2011
  2. Asli STTB (atau Asli STTB sementara) dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi
  3. Asli STK (Surat Tanda Kelulusan) dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi
  4. Asli Rapor dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi
  5. Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
  6. Asli Bukti pembayaran Biaya Pendidikan dan fotokopi rangkap tiga
  7. Fotokopi satu lembar Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir
  8. Materai tempel senilai Rp. 6000 (1 lembar)

Untuk Camaba daerah yang membutuhkan asrama, pendaftaran asrama dapat dilakukan pada hari daftar ulang. Kunjungi stand asrama UI di Balairung.

Teman-Teman, mohon bantuannya untuk menjadi agen informasi bagi adik-adik dan sekeliling kita, ya. Terima kasih sangat atas bantuannya.🙂

Departemen Kesejahteraan Mahasiswa
Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia 2010
bem.ui.kesma@ gmail.com

Sulaiman Sujono

5 Comments leave one →
  1. andri mubarak permalink
    19 July, 2010 15:19

    fotonya kq ada orangnya bg?:)

    • 19 July, 2010 18:43

      cuma ilustrasi aja🙂

  2. 19 July, 2010 15:43

    mantap,,salam hangat..makasih banyak infonya,,ditunggu kunjungannya…

  3. Johand permalink
    24 July, 2010 09:18

    Salam sejahtera,
    Saya camaba ui 2010 yg telah mengajukan BOP-B,namun saya masih merasa keberatan dan belum sanggup untuk membayarnya…
    Jadi saya akan maju dan berjuang terus hingga biaya yg akan saya bayarkan bisa seminimal mungkin semampu saya…
    Lalu,saya diminta untuk mengajukan bukti baru,,,Bukti baru itu seprti apa Bapak/Ibu panitia?
    terima kasih

Trackbacks

  1. Tweets that mention Skema Yang Harus Diperhatikan Oleh Camaba UI « .: SAMAN UI :. -- Topsy.com

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: