Skip to content

Wisata Sabang Terkendala Infrastruktur

20 July, 2010
pantai iboih

Foto: acehprov.go.id

Industri pariwisata di Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, terhambat infrastruktur. Pemerintah menargetkan paling lambat tahun 2015 Kota Sabang menjadi salah satu tujuan wisata andalan dengan jumlah pengunjung 8.000 per bulan.

Infrastruktur yang paling sering menimbulkan masalah adalah jaringan listrik dan jaringan penyedia air bersih. Di beberapa penginapan, tamu terpaksa harus menunggu giliran air mengalir setelah tamu di kamar lain selesai mandi.

Kadang tamu harus memberi tahu berulang kali kepada pengelola penginapan bahwa dia butuh air bersih. ”Itu terjadi karena aliran air Perusahaan Daerah Air Minum di tempat kami sehari mengalir sehari mati. Makanya, kami beli penampung agar pasokan air aman,” kata pemilik Sabang Guest House, Teuku Sahrur (63), di Sabang, Senin (19/7/2010).

Hal serupa diakui Zulfikar (37), pemilik Vina Bungalow di Iboih, saat berdialog dengan Direktur Produk Wisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Achyaruddin di Sabang. Selama ini, katanya, dia memenuhi kebutuhan air bersih tamu dengan memanfaatkan sumur umum yang juga dipakai 100 warga Iboih lain.

”Pasokan air itu tentu saja kurang memadai. Apalagi saat penginapan kami yang terdiri atas enam kamar penuh tamu,” ujar Zulfikar.

Pasokan listrik juga merupakan kendala tersendiri. Beberapa pengelola penginapan merasa sangat terganggu dengan pemadaman listrik yang beberapa kali terjadi dalam sepekan.

Achyaruddin mencatat, selain listrik dan air, masalah lain di bidang pariwisata adalah keterbatasan sumber daya manusia serta belum bersatunya warga dalam menjamu turis. | kompas

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: