Skip to content

Bupati Aceh Singkil Resmikan SMK Kelautan Kuala Baru

21 July, 2010
foto

Foto: analisadaily.com

Bupati Aceh Singkil, H. Makmursyah Putra meresmikan SMK Negeri Kelautan Aceh Singkil, Kamis (15/7) di Kompleks SMK Kelautan Kampung Suka Jaya, Kecamatan Kuala Baru.

Dalam kesempatan itu, turut dilantik Asril Syahputra, SP sebagai kepala Sekolah dan Risman, ST sebagai wakil kepala sekolah.

Acara peresmian ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Kuala Baru yang merupakan salah satu kecamatan terpencil di Aceh Singkil. Berbagai harapan disampaikan warga melalui tokoh masyarakat setempat, Ustadz Alauddin M. Aun.

Alauddin menyebutkan, kehadiran sekolah ini membuat mereka bangga dan menjadi catatan sejarah. Dan diharapkan untuk kemajuan putra-putri di kecamatan yang berbatasan dengan Buluh Seuma, Aceh Selatan itu.

Bupati menyebutkan, kehadiran SMK Perikanan ini merupakan kebanggaan masyarakat Aceh Singkil secara keseluruhan. SMK Perikanan ini melengkapi dua SMK yang ada sebelumnya, yaitu SMK Gunung Meriah yang memiliki jurusan otomotif, komputer dan berbagai hal terkait dengan teknik. Sementara SMK Yayasan Syekh Hamzah Fansyuri di Ketapang Indah Singkil Utara memiliki jurusan pertanian.

Dikatakan, keberadaan tiga SMK melengkapi kebutuhan putra-putri Aceh Singkil dalam bidang pendidikan. Dan diharapkan akan memberikan kontribusi kemajuan daerah Aceh Singkil. Menurut bupati, orientasi ke depan adalah dalam bidang kelautan, karena laut penuh dengan potensi yang sangat menjanjikan.

70 Siswa

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Aceh Singkil, Drs. Abd Rakhman, M.Pd menyebutkan, SMK Perikanan memiliki tiga ruang kelas, dan dua unit rumah dinas sedang tahap pembangunan. Untuk tahun ajaran pertama telah memiliki sebanyak 70 orang siswa/siswi.

Disebutkan, berbagai kelengkapan lainnya secara bertahap akan dilengkapi. Ke depan, keberadaan SMK ini akan lebih ditingkatkan, sehingga posisi 60 : 40 yaitu 60 persen SMK dan 40 persen sekolah umum akan dapat dipenuhi. Dari rasio penduduk akan diprogramkan mulai tahun 2011 mendatang.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyampaikan sambutan pengantar tugas camat untuk Kecamatan Kuala Baru Abdul Manaf, S,Pd menggantikan Ahmad Rivai, SH yang menjadi Kabag Hukum Setdakab Aceh Singkil.

Berbagai hal disampaikan untuk kemajuan kecamatan terpencil ini, seperti pembangunan jalan Singkil-Kuala Baru tembus Buluhseuma, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan.

Dia memerintahkan camat harus tinggal di ibu kota kecamatan untuk dapat selalu mengetahui gerak pembangunan kecamatan yang dipimpinnya. Begitu juga kepala sekolah SMK harus tinggal di Kuala Baru. | analisadaily

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: