Skip to content

Kelantan Tawarkan Dinar Emas ke Aceh

23 July, 2010
dato

Datuk Haji Husam Musa.Foto: pemudaguchil.blogspot.com

Datuk Haji Husam Musa selaku ahli Majelis Musyuarat Kerajaan Negeri Kelantan (Exco) Negara Bagian Kelantan Darul Naim Malaysia menawarkan mata uang dinar emas kepada Pemerintah Aceh sebagai salah satu transaksi perdagangan di daerah itu.

Tawaran tersebut disampaikan Husam yang juga Pengurus Jawatan Kuasa (ketua) Perancangan ekonomi, keuangan dan kesejahteraan Kelantan saat bertemu Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar, belum lama ini.

Husam mengatakan, dinar emas tersebut bukan untuk menyaingi mata uang yang digunakan daerah itu secara nasional (rupiah), tapi lebih sebagai upaya memperkenalkan mata uang Kelantan di daerah berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa.

Dinar emas merupakan mata uang yang dikeluarkan oleh Kerajaan Negeri Kelantan dan digunakan masyarakat di sana sebagai alat transaksi maupun sebagai mahar (mas kawin) dan membayar zakat.

“Tujuan kita ke sini khusus untuk memperkenalkan mata uang dinar emas yang dikeluarkan kerajaan Kelantan ke Pemerintah Aceh, bukan untuk mengantikan mata uang rupiah,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar, mengatakan, pihaknya menyambut baik tawaran Kerajaan Kelantan tersebut, namun mata uang tersebut tidak dapat digunakan sebagai mata uang, sebab Aceh merupakan bagian dari NKRI yang menggunakan rupiah sebagai transaksi perdagangan.

Nazar mengatakan, mata uang dinar emas itu dapat saja digunakan oleh masyarakat atau kolektor sebagai mahar atau ditempatkan di sejumlah galeri, bukan untuk transaksi perdagangan.

Menurut Nazar, pada kerajaan dan kesultanan Aceh tempo dulu, mata uang dinar dan dirham, sudah pernah digunakan sebagai alat tukar di masa itu.

“Meski saat ini kita tidak menggunakan lagi mata uang tersebut, sejumlah museum dan kolektor masih tersimpan dan dipamerkan,” tuturnya siang ini. | waspada

2 Comments leave one →
  1. iswandi permalink
    24 July, 2010 14:01

    Moga2 berterusan penggunaan nuqud ini yang di ikuti jawatan2 dan fihak2 lain yg bersetuju , dan tentu sahaja tidak ketinggalan pasangan bimetal-nya yakni dirham perak. Kiranya kemakmuran sejati nan adil akan terwujud.

Trackbacks

  1. Tweets that mention Kelantan Tawarkan Dinar Emas ke Aceh « .: SAMAN UI :. -- Topsy.com

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: