Skip to content

Aceh Gelar Festival Film Anak 2010

26 July, 2010
tags: , , ,
film festival

Ilustrasi: visitrenotahoe.com

Pemprov Aceh melalui Dinas Sosial bekerjasama dengan sejumlah lembaga terkait, menggelar Festival Film Anak Aceh 2010 memperebutkan total hadiah senilai Rp34 juta.

Festival Film Anak Aceh 2010 ini dilaksanakan bertujuan meningkatkan kreatifitas anak dalam mengungkapkan pendapatnya tentang upaya pemenuhan hak-hak anak yang lebih baik serta meningkatkan kesadaran publik tentang upaya bersama untuk memaksimalkan pemenuhan hak-hak anak pada masa depan khusunya di Aceh.

“Festival Film Anak Aceh (FFAA) bertujuan meningkatkan kreativitas anak dalam mengungkapkan pendapatnya tentang upaya pemenuhan hak-hak terhadap mereka,” kata Koodinator Panitia Pelaksana, Sulaiman Zuhdi Manik di Banda Aceh, Jumat (23/7).

Kriteria peserta adalah anak berusia di bawah 18 tahun, tim minimal terdiri dari 3 orang anak dan orang dewasa berperan sebagai pendamping. Festival terbuka untuk anak-anak di Aceh dan luar Aceh.

“Dua jenis film diperlombakan dalam festival ini, yaitu film fiksi dan dokumenter dengan ketentuan setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran yang dibuka 19 Juli 2010 dan batas akhir pendaftaran dan penyerahan film 4 September 2010. Pengumuman pemenang 24 September 2010,” ujarnya.

Adapun latar belakang pelaksanaan festival film anak ini, untuk mendukung pelaksanaan Pasal 12-17 Konvensi Hak Anak (KHA) dan Pasal 52 Qanun Aceh No. 11 tahun 2008 tentang Perlindungan Anak, dimana anak semaksimal mungkin harus diberikan ruang untuk mengungkapkan pandangan mereka sendiri tentang dirinya, keluarganya, masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Anak juga berhak untuk didengar aspirasinya dan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan atau perencanaan terkait dengan kepentingan anak.

“Aktifitas ini juga akan meningkatkan kreatifitas anak mengekpresikan ide-ide maupun pendapatnya, membangun rasa percaya diri, memberikan kesempatan belajar dengan orang dewasa dan bersama anak lain, membangun rasa tanggung jawab bersama serta rasa kepemilikan pada diri anak itu sendiri,” katanya.

Sulaiman Zuhdi mengatakan, Festival Film Anak Aceh dilaksanakan Dinas Sosial Aceh, Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) Aceh, IPSI dan CC Muhammadiyah Aceh serta didukung UNICEF ini akan memperlihatkan, memperdengarkan dan mempertontonkan warna-warni suara anak. | analisadaily

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: