Skip to content

75 Mahasiswa Aceh Kuliah Program Master di Taiwan

28 July, 2010
ASEAN

Ilustrasi: vietnambusiness.asia

Menteri Pendidikan Taiwan, Wu Ching-ji di Taipei, Selasa (27/7), mengatakan Nanggroe Aceh Darussalam akan mengirim 75 mahasiswa terpilih untuk melanjutkan kuliah dalam program strata-2 dan strata-3 (S2 dan S3) di Taiwan.

Selain itu, kata Menteri Wu, terdapat pula 10 mahasiswa kedokteran Aceh akan menjalani pelatihan medis di Taipei.

Setiap tahun mulai 2011, Aceh akan memilih 50 mahasiswa berprestasi untuk melanjutkan kuliah S1 dan S2 di Taiwan, kata Menteri Wu setelah mengakhiri kunjungan kerja ke negara-negara anggota ASEAN dalam pertengahan Juli.

Pemerintah Provinsi Aceh akan menandatangani nota persepahaman (memorandum of understanding / MOU) dengan Dinas Program Pendidikan Khusus Taiwan bantu memastikan bahwa beasiswa yang diterima mahasiswa Aceh di Taiwan tersalur dengan baik, kata Wu.

“Taiwan akan melakukan yang terbaik untuk membantu mahasiswa-mahasiswa NAD dalam mengurus prosedur keberangkatan ke Taipei,” kata Menteri Wu menjanjikan.

Di masa depan, Taiwan akan mengirim dua atau tiga pengajar bahasa Mandarin ke Aceh untuk membantu mempersiapkan para calon mahasiswa terpilih untuk kuliah di Taiwan. Pemerintah provinsi Aceh akan menyediakan akomodasi bagi pengajar bahasa Mandarin tersebut, katanya.

Dari 75 mahasiswa yang akan kuliah di Taiwan, 25 mahasiswa di antaranya telah tiba di Taipei dan 50 lainnya akan segera menyusul, katanya. Menurut Menteri Wu, universitas-universitas Taiwan dan Aceh juga akan bertemu untuk mendiskusikan masalah-masalah terkait kerja sama pendidikan dan pertukaran pelajar. | mediaindonesia

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: