Skip to content

UI Menggagas Pembangunan Museum Bahari

10 August, 2010
ui

Foto: kabarindo.com

Universitas Indonesia (UI) menggagas pembangunan museum bahari di lingkungan kampus yang terletak di Kota Depok, Jawa Barat.

“Kita masih mempunyai lahan yang luas dan bisa dipakai untuk pembangunan museum bahari,” kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri, di sela-sela acara seminar internasional dengan tema, “Budaya Maritim dan Kearifan Lokal”, di Fakultas Ilmu Budaya, UI, Depok, Senin (9/8).

Ia mengatakan, pembangunan museum bahari tidak harus dibangun ditepi pantai, tapi di tempat yang agak jauh dari pantai juga tidak apa-apa. Jarak UI dari pantai sekitar 25 kilometer. “Kita ingin bangun museum tersebut yang terbesar di Asia,” paparnya.

Menurut dia, perguruan tinggi di luar negeri banyak yang mempunyai museum yang dimanfaatkan sebagai sarana untuk belajar. “Saatnya UI mempunyai museum yang penting,” katanya.

Untuk itu, UI perlu menjadi pelopor dengan mendirikan museum bahari. “Ini merupakan tantangan yang sifatnya provokatif, nantinya museum tersebut akan program studi dan penelitian tentang kelautan,” ujarnya.

Ia mengharapkan dengan museum tersebut barang peninggalan masa lalu yang diambil dari dasar laut dapat disimpan dengan aman di lingkungan kampus tersebut. “Barang tersebut biasanya diincar berbagai pihak untuk dibeli,” ujarnya.

Sementara Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menyambut baik gagasan dari rektor UI tersebut. “UI memang mempunyai lahan dan sumber daya manusia yang dapat diandalkan,” katanya.

Dia mengatakan, untuk menerapkan gagasan tersebut memang tidak mudah, karena diperlukan berbagai macam hal yang harus dilakukan. Menurut dia, ide ini baik untuk membantu DKP menanamkan rasa cinta bahari di kalangan masyarakat. | metrotvnews

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: