Skip to content

Pendidikan Banda Aceh Harus Dibenahi

25 August, 2010

Komisi D DPRK Banda Aceh, mendesak pemerintah setempat segera membenahi sistem dan manajemen pendidikan sebagai upaya meningkatkan kualitas di masa mendatang.

“Melihat mutu pendidikan sekarang ini, kami meminta Wali Kota Banda Aceh perlu mengambil langkah membenahi sistem dan manajemen pendidikan,” kata sekretaris Komisi D DPRK Banda Aceh, Mahdi, sore ini.

Ia mengatakan kota Banda Aceh memiliki sarana dan prasarana pendidikan memadai. Bahkan lebih lengkap dan bagus dibanding dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Ironisnya, sarana dan prasarana tersebut tidak mampu meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri. Ranking pendidikan Kota Banda Aceh masih di luar 10 besar peringkat nasional.

“Dengan fasilitas dan gedung sekolah yang ada sekarang ini, sudah selayaknya mutu pendidikan Kota Banda Aceh masuk dalam peringkat 10 besar. Tapi, kini kenyataannya tidak,” katanya.

Selain itu, kata dia, pejabat di Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Kota Banda Aceh tidak memahami tugas pokok dan fungsinya, sehingga program kepemudaan dan olah raga terabaikan.

Menurut dia, Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga hanya sibuk mengurusi sektor pendidikan saja, sementara kepemudaan dan olahraga terabaikan.

“Kami mendesak wali kota Banda Aceh, segera memaksimalkan tugas pokok dan fungsi Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga ini. Dinas ini jangan hanya sibuk mengurusi pendidikan saja,” katanya.

Komisi D DPRK Banda Aceh juga menyoroti pengalokasian dana alokasi khusus (DAK) untuk penunjang pembangunan gedung sekolah dasar jangan disamaratakan, tetapi melihat skala kebutuhan.

“Selama ini pengalokasian DAK terkesan ingin memudahkan masalah tanpa mengkaji kebutuhan. Akibatnya, pemanfaatan DAK tidak seperti yang diharapkan,” sebut Mahdi. | waspada

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: