Skip to content

Sebagian Masyarakat Aceh Mulai Lupakan Ajaran Syariat Islam

29 August, 2010

Pelaksanaan ajaran syariat Islam yang telah diberlakukan di Aceh sejak beberapa tahun lalu, akhir-akhir ini terkesan mulai dilupakan oleh sebagian besar masyarakat di provinsi itu.

Implementasi syariat Islam saat ini banyak yang tidak dihiraukan lagi, seiring perubahan kultur kehidupan sebagian masyarakat Aceh ke arah yang makin jauh dari nilai-nilai agama.

“Banyak orang yang mengaku beragama Islam saat ini, perilakunya makin jauh dari nilai-nilai Islam. Mereka melupakan salat lima waktu, ajaran yang diperintahkan Al-Quran tidak lagi menarik untuk diikuti oleh sebagian orang sekarang.,” ujar Drs Tgk HA Mufakhir Muhammad MA saat bertindak sebagai penceramah peringatan Nuzulul Quran di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Kamis (26/8) malam.

Peringatan malam turunnya Al-Quran di Masjid Raya Baiturrahman yang berlangsung khidmat itu, dihadiri ribuan warga Banda Aceh dan Aceh Besar. Jamaah salat Isya dan Tarawih meluber hingga ke sisi luar kiri dan kanan masjid.

Menurut Mufakhir, sikap yang mulai melupakan agama seperti ini sangat memalukan. Indikasinya terlihat jelas dalam kehidupan sehari-hari dengan adanya perubahan perilaku baik yang tua maupun kaum muda. Mereka telah menghabiskan banyak waktu di warung kopi atau kafe sebelum Magrib sampai Isya.


Berbanding Terbalik

Kondisi ini, ungkap Mufakhir, berbanding terbalik dengan saat terjadinya konflik bersenjata dan ditambah bencana alam gempa bumi dan tsunami tsunami 26 Desember 2004. Bencana itu telah membuat masyarakat Aceh sedih dan kehilangan.

Saat itu daerah Aceh tidak ubahnya bagaikan negeri yang dikutuk seperti negeri yang pernah dibinasakan oleh Allah SWT. Padahal Aceh adalah negeri yang baik serta selalu berada dalam ampunan Allah SWT, karena para pemimpinnya taat dalam beribadah kepada Allah.

Namun, beberapa tahun kemudian, kehidupan masyarakat Aceh yang sempat porak-poranda akibat bencana tsunami, telah diganti oleh Allah SWT menjadi negeri yang lebih bagus dari sebelumnya.

Atas kehendak Allah, Aceh yang telah hancur lebur diganti dengan negeri yang lebih bagus dari sebelumnya. Rakyat bertambah kaya, bahagia dan jumlah penduduk pun semakin ramai.

“Sayangnya, perbaikan kondisi keamanan dan taraf hidup masyarakat Aceh ini, tidak diikuti dengan rasa syukur kepada Allah. Jika, seperti ini tunggu saja janji Allah, akan memberikan azab dan bencana yang lebih besar lagi karena kita tidak pandau bersyukur,” ungkapnya.

Ditambahkan, dalam sebuah hadits Rasulullah pernah mengatakan, sebuah negeri yang pernah diberi bencana besar, maka akan lahirlah pasar yang banyak dan banyaknya orang berbuat maksiat, serta lupa ibadah kepada Allah. Manusia sibuk dengan urusan dunia sehingga tempat ibadah sepi.

“Hadits ini harus menjadi landasan bagi rakyat Aceh untuk segera melakukan perubahan, sehingga rakyat Aceh bertambah mulia akhlaknya dan rajin beribadah kepada Allah. Sebab jika tidak, maka Allah akan menurunkan bencana yang lebih besar lagi dari tsunami dan konflik dulu,” tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Aceh dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Aceh, Husni Bahri TOB juga menyatakan, Al-Quran menjadi petunjuk untuk memecahkan persoalan selama ini.

“Pemerintah Aceh terus berbuat untuk peningkatan pendidikan, kesehatan serta memperbanyak lapangan pekerjaan. Peringatan Nuzulul Quran menjadi momemtum yang tepat untuk selalu berbuat sesuai yang ditentukan oleh Al-Quran,”ujarnya. | analisadaily

One Comment leave one →
  1. PROISLAMBESAR permalink
    9 December, 2012 17:52

    Halo, Aceh, rintislah pelaksanaan syariat islam yang benar dari wilayahmu. Kami pun akan mengikutimu. Jangan lagi menghalalkan segala cara, dalam urusan dunia. Mari tegakkan sikap Ukuwah Islamiyah untuk skala nusantara agar kita menjadi umat besar dalam wilayah yang besaar. Niscaya kita akan menjadi Bangsa yang kuat dan terhormat di dunia.

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: