Skip to content

Setiap Hari, 1.000 Orang Berkunjung ke Sabang

16 September, 2010
sabang

Sabang/Foto: travelblog.org

Arus penumpang dari dan ke Sabang sejak H+2 hingga H+6 Lebaran Idul Fitri mengalami peningkatan drastis. Rata-rata jumlah penumpang, baik yang menggunakan kapal lambat maupun kapal cepat mencapai 900 hingga 1.000 orang per harinya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry menambah armada angkutan KMP Simeulu untuk melayani rute pelayaran dari Balohan-Ulee Lheue. Baik KMP BRR maupun KMP Simeulu sama-sama bertolak dari Balohan. Hanya saja, Simeulu baru bertolak dari Balohan satu jam setelah KMP BRR berlabuh. Dengan begitu setiap harinya ASDP melayani tiga trip pelayaran di lintas ini.

Kepala UPTD Pelabuhan Balohan, Irawadi SE, yang dihubungi Serambi, Rabu (15/9), menyatakan, pihaknya berharap ASDP tetap mempertahankan KMP Simeule selama masih terjadi penumpukan kendaraan di Balohan maupun Ulee Lheue. “Lonjakan arus penumpang kemungkinan bakal mencapai puncak pada Minggu pekan ini menyusul berakhirnya masa liburan sekolah,” ucapnya.

Hunian hotel
Seiring dengan peningkatan kedatangan pengunjung tersebut, tingkat hunian hotel dan penginapan di Sabang juga ikut meningkat. Kalangan pengusaha perhotelan mengaku mendapat lonjakan tingkat hunian antara 70 hingga 150 persen dari biasanya. Selain wisatawan dari daratan Aceh, wisatawan asal Medan juga mendominasi kunjungan ke Sabang.

“Rata-rata mereka menginap satu sampai dua malam. Selama lebaran ini banyak dari Medan,” ungkap Ayen, resepsionis Nagoya Inn. Hal yang sama juga dikemukakan pengelola Sabang Gueshouse, T Septa Syahreza. Dia mengaku sudah mulai menerima tamu sejak meugang puasa kemarin. Hingga Lebaran ke-6, tingkat hunian di Sabang Gueshouse masih penuh, bahkan mencapai 150 persen.

Jumlah hunian lebaran tahun ini menurutnya justru lebih tingi di bandingkan lebaran tahun sebelumnya. “Lebaran tahun ini kita kewalahan menampung jumlah tamu yang membludak. Berbeda dengan lebaran tahun lalu,” ungkap Septa. | serambinews

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: