Skip to content

Jerman Kembali Bantu SMK Aceh

4 November, 2010
pem

Ilustrasi : pem-hallen.at

Pemerintah Jerman kembali membantu mengembangkan pendidikan di Aceh dengan dukungan peralatan dan pelatihan bagi guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Managing Director PEM GmbH Consult, Peter Lengowski dalam pertemuan dengan Kadis Pendidikan Aceh dan sejumlah kepala sekolah yang mendapat bantuan Jerman di Hotel Mannhiem SMK Negeri 3 Banda Aceh, Rabu (3/11), mengatakan, pihaknya masih akan melanjutkan bantuan untuk pengembangan SMK di Tanah Rencong hingga pertengahan tahun 2012 mendatang.

Namun, katanya, jenis bantuan yang diberikan tidak lagi dalam bentuk rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap gedung sekolah yang rusak akibat gempa dan tsunami seperti pada Resa Fase 1 yang membangun 18 SMK di Aceh dan Nias.

Namun, kerjasama Jerman dengan Pemerintah Aceh ini, kata Peter Lengowski lebih dititikberatkan pada pemberdayaan dan penguasaan peralatan teknologi dengan memberikan pelatihan-pelatihan bagi guru SMK.

Untuk fase 2 ini, katanya, Jerman hanya membantu 22 SMK yang tersebar di Aceh. “Kita saat ini hanya memberi fokus pada kelanjutan kerjasama yang telah ada hingga semua peralatan yang sudah diberikan bisa bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan di Aceh,” katanya.

Menurut staf Resa SI, Heru Hidayat, dalam pemberian pelatihan untuk guru SMK seluruhnya akan dilaksanakan di Aceh. Hal ini dimaksudkan agar guru yang dilatih langsung bisa menggunakan peralatan yang sudah dimiliki sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Bakhtiar Ishak yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Menengah Drs Rusdi Aries mengatakan dengan kerjasama ini, diharapkan guru SMK yang tersebar di seluruh Aceh bisa memanfaatkan bantuan tersebut sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan Aceh.

Secara khusus, katanya, kehadiran Pemerintah Jerman lewat GTZ-TVET dan PEM Resa-S1 telah memberi pencerahan bagi perkembangan pendidikan Aceh pascagempa dan tsunami.

Menurut Kadis Pendidikan Aceh, pascatsunami, Pemerintah Jerman telah membangun baru 3 unit SMK Negeri 1, 2, dan 3 di Banda Aceh, SMKN 1 Jeunieb, SMKN 1 Blangpidie, dan SMKN 1 Simeulue. Di samping itu, Jerman juga telah menyediakan sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti alat peraga, buku, alat perbengkelan, dan kebutuhan siswa lainnya. Di samping itu, Jerman juga telah melakukan pelatihan ratusan guru SMK di tiga negara, Indonesia, Malaysia, dan bahkan hingga Jerman. | serambinews

2 Comments leave one →
  1. Samsuadi, S.Pd permalink
    28 December, 2010 22:58

    Yth Bapak Kepala SMK N 3 Bandar Aceh Mohon info nya untuk mendapatkan bantuan dari Jerman trimakasih (dari Samsuadi/ Ka. SMK Ma’arif NU 3 Miftahul Ulum Kec. Pasir Sakti Kab. Lampung Timur Telp 081369700706

Trackbacks

  1. Tweets that mention Jerman Kembali Bantu SMK Aceh « .: SAMAN UI :. -- Topsy.com

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: