Skip to content

Integrasi UN-SNMPTN Terus “Dijodohkan”

21 November, 2010
ujian

Ilustrasi foto: ubanonline.wordpress.com

Pemerintah masih terus berupaya agar ujian nasional (UN) SMA/SMK/MA tetap bisa terintegrasi dengan seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Untuk itu, pemerintah bersama DPR akan segera memutuskan bentuk baru pelaksanaan ujian nasional tahun 2011.

”Ujian nasional tahun 2011 tetap dilaksanakan. Anggarannya sudah ada. Cuma, bentuknya masih dalam pembahasan pemerintah dan DPR. Baru akan diumumkan kepada khalayak jika sudah ketuk palu dengan bentuk UN 2011,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh di Jakarta, Jumat (19/11/2010).

Nuh mengakui, sampai saat ini ada dua kubu yang sama kuat untuk memperjuangkan UN sebagai pemetaan atau kelulusan. Pemerintah dalam posisi untuk memanfaatkan kedua peluang yang bisa didapat dari pelaksanaan UN setiap tahun.

Terkait dengan wacana agar hasil UN terintegrasi dengan seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN), Nuh mengatakan, pengakuan itu penting. Tujuannya untuk menghindari pendidikan yang tersegmentasi antara pendidikan anak usia dini, dasar, menengah, hingga perguruan tinggi. Semua jenjang pendidikan itu justru harus bisa terintegrasi, yang salah satunya dengan memanfaatkan hasil UN.

Meskipun tujuan UN dan ujian seleksi masuk PTN berbeda, jelas Nuh, sebenarnya tetap bisa dicari titik temunya. Hal ini akan terus dibahas dengan pimpinan PTN dengan semangat untuk mengintegrasikan semua jenjang pendidikan serta untuk menghasilkan efisiensi waktu, dana, dan energi dalam pelaksanaan UN- seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

”PTN jangan pasang standar tinggi dalam seleksi mahasiswa baru yang melebihi kompetensi SMA/SMK. Nanti bisa merembet ke jenjang pendidikan di bawahnya,” kata Nuh. | kompas

2 Comments leave one →
  1. vijay kumar permalink
    23 November, 2010 13:48

    Begini saja, para pendekar sekolah, universitas dan kementrian pendidikan dan media massa.
    Cara agar ada sinergi antara UN dan SNMPTN itu banyak.
    Salah satunya, yang paling efektif menurut hemat saya, adalah memutuskan untuk tidak melaksanakan UN. Para siswa-siswi diberikan sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah menyelesaikan pendidikan selama 12 tahun.
    Bagi yang ingin melanjutkan ke universitas, silakan ikuti PMDK maupun SNMPTN diuniversitas masing masing.
    PTS sudah langsung menjaring siswa siswi disekolah, jadi tidak perlu dikhawatirkan bahwa ada perguruan tinggi yang tidak akan mengadopsi siswa siswi dari sekolah manapun.
    Bagi siswa siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, silakan mengikuti UN yang berstandar nasional (SNI), yang pelaksanaannya harus dimulai dengan pendaftaran 6 bulan sebelumnya atau aturan lainnya.
    Bagi siswa siswi yang belajar di sekolah internasional di Indonesia akan diberikan sertifikat seperti halnya siswa siswi yang belajar di bangku sekolah nasional maupun sekolah nasional plus.
    Tolak ukur keberhasilan suatu sekolah di Indonesia dapat dipantau dengan mendirikan departemen alumnus disekolah masing masing. Sehingga, akreditas suatu sekolah dapat naik maupun turun berdasarkan siswa yang masuk ke universitas yang sudah seharusnya didorong oleh sekolah tersebut. Bahkan lebih jauh lagi, sekolah tersebut dapat beraliansi dengan suatu universitas agar dapat menghasilkan lulusan sesuai standar universitas tersebut, yang merupakan suatu opsi bukan keharusan.
    Nah, dengan demikian semua pihak akan senang.
    Kalau ingin lebih jauh mendengarkan pikiran saya, saya dapat dihubungi langsung melalui email saya dengan senang hati, demi membangun pendidikan negeri ini.
    MERDEKA

Trackbacks

  1. Tweets that mention Integrasi UN-SNMPTN Terus “Dijodohkan” « .: SAMAN UI :. -- Topsy.com

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: