Skip to content

Indonesia Sabet 8 Emas di ASEAN Skill Competition 2010

25 November, 2010

Kontingen Indonesia berhasil meraih 8 medali emas, 2 perak, 6 perunggu, dan 13 sertifikat diploma dalam Kompetensi Keterampilan tingkat ASEAN atau yang dikenal dengan ASEAN Skill Competition (ASC) VIII yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 14-24 November 2010.

Prestasi gemilang kontingen Indonesia kali ini melampaui prestasi kompetisi ASC VII di Malaysia tahun 2008 yang berhasil memperoleh 5 medali emas, 5 medali perak, 4 medali perunggu, dan 17 diploma.

Medali emas yang diraih Kontingen ini disumbangkan dari kejuruan industrial electonic, bricklaying, cabinet making, joinery, fashion technology, grapich design tech, automotion production tech.

Anggota kontingen Indonesia yang berhasil meraih medali emas adalah Experian Elitiawan, Suranto, Faris Wahyudi, Muhammad Bukhori, Syarifa Kamelia, Santo Unsri, Rendy Hartono serta Agam Pinandita, Satria, dan Jefri.

“Atas nama pemerintah Indonesia, kami mengucapkan selamat dan bangga atas kerja keras dan kesungguhan seluruh anggota kontingen ASC VIII yang akhirnya memberikan prestasi terbaik sehingga dapat meningkatkan harkat dan martabat bangsa dan negara,” kata Sekjen Kemnakertrans, Besar Setyoko, saat menyambut kedatangan kontingen Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Rabu (24/11).

Menurut Besar, prestasi gemilang kontingen Indonesia yang diraih dalam ajang ASC ini sebenarnya merupakan cerminan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, terutama generasi muda dalam mencapai prestasi terbaik, sekaligus mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing di masa mendatang.

Keberhasilan ini, kata Besar, diharapkan menginspirasi dan memberikan motivasi kepada 80 juta generasi muda di Indonesia agar mampu memberikan kontribusi peningkatan kualitas pelatihan keterampilan kerja. ”Serta peningkatan mutu dan produktivitas tenaga kerja,” ujarnya.

Lebih lanjut Besar mengatakan, untuk pelaksanaan ASC IX disepakati akan dilaksanakan di Indonesia pada 2012. Untuk itu, diharapkan seluruh stake holder dan lintas sektoral yang terkait dapat mendukung kesuksesan pelaksanaannya yang direncanakan sebelum Oktober 2012.

ASC merupakan suatu ajang kompetisi yang memfasilitasi generasi muda di kawasan ASEAN untuk berkompetisi guna menunjukan kemampuan pada berbagai bidang keterampilan. | republika

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: