Skip to content

Liga Aceh Seri 2010 Primer Dilaunching

9 December, 2010
launching

Foto: SERAMBI/MUHAMMAD HADI

Kompetisi Liga Aceh seri 2010 primer yang dipastikan bergulir 11 Desember di empat wilayah, akhirnya resmi di launching di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Selasa (7/12) malam. Kejuaraan yang diikuti 13 tim dari 13 kabupaten/kota di Aceh akan memperebutkan hadiah total Rp 115 Juta dan untuk juara I mendapatkan jatah Rp 50 juta.

Dalam acara launching tersebut ikut dihadiri anggota DPR Aceh, yaitu Muslim Aiyub, Syafwan Yusuf, Irmawan, jajaran Komite Liga Aceh (K-LigA) Pusat, perwakilan dari Komite Wilayah K-LigA, masyarakat sepakbola Aceh, serta tamu undangan lainnya. Melalui acara tersebut, kembali dirincikan tim-tim yang akan tampil dalam kompetisi untuk pemain remaja berusia 13 tahun ke bawah.

Ketua Umum K-LigA Pusat, Sunardi M Saleh mengatakan, ke-13 tim yang terbagi dalam empat grup, yaitu Grup A wilayah I dihuni Meulaboh United, Achbar FC Aceh Besar, Kutaradja City, dan Calatesepa FC Aceh Jaya. Grup B wilayah II ditempati Angkit FC Kutacane, Aceh Barat Daya, dan Gayo FC. Grup C wilayah III diisi Pidie United, Lhokseumawe City, dan Pidie Jaya FC. Sedangkan Grup D wilayah IV beranggotakan Aceh Timur United, Aceh Utara United, dan Langsa United. “Keempat Grup tersebut sudah ada tuan rumah masing-masing yang menggelar Liga Aceh Seri 2010 Primer,” ungkap Sunardi.

Menurut Sunardi, kompetisi ini memang mendapat perhatian dari PSSI terutama dalam penyediakan wasit dan perangkat kompetisi lainnya. Namun, dari segi lain juga masih banyak kekurangan seperti belum adanya dana yang memadai untuk mengulir kompetisi ini secara baik layaknya kompetisi liga nasional. Padahal, pihaknya ingin menggelar liga ini seperti kejuaraan internasional dan para pemainnya mendapatkan gaji sepatutnya. “Namun, saat ini keinginan itu tidak bisa diwujudkan akibat dukungan dana yang masih belum memadai,” ujar Sunardi.

Melalui acara lauching tersebut, Sunardi ikut menyerahkan atribut dan perlengkapan pertandingan serta penandatangan Pakta Integritas dengan masing-masing panitia penyelenggara di empat wilayah. Pakta Integritas ini penting dilakukan supaya setiap pertandingan yang akan dilangsungkan nantinya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan K-LigA.

Sementara itu, Sekjen K-LigA, Zahirsyah Oemardy mengatakan, ada empat daerah yang menjadi tuan rumah, yaitu untuk Grup A Meulaboh United, Grub B Angkit FC, Grup C Pidie United, dan Grup D Aceh Timur United. Kejuaraan ini menganut sistem setengah kompetisi, yaitu setiap tim dalam satu Grup akan saling bertemu satu kali. Untuk juara dan runner-up masing-masing grup berhak mengikuti babak final yang dijadwalkan di Banda Aceh. “Kita harapkan kompetisi ini berjalan sebaiknya mungkin dan bisa menjadi sarana untuk melahirkan pemain-pemain Aceh yang bertalenta,” harap Zahirsyah.

Di sisi lain, Zahirsyah mengatakan, dalam kompetisi kali ini panitia menyediakan hadiah total senilai Rp 115 Juta. Rinciannya, yaitu juara I mendapatkan uang pembinaan Rp 50 Juta, juara II Rp 30 Juta, juara III Rp 20 Juta, dan juara IV Rp 10 Juta. Selain itu, panitia juga memberikan hadiah untuk topskor dan tim fair play Rp 2.5 Juta.

Koordinator Pertandingan, Nuzuli MS mengatakan, kompetisi ini menjadi sarana yang luar biasa untuk melahirkan bakat-bakat para pemain sepakbola dari berbagai kabupaten/kota di Aceh. Ke depan diharapkan Aceh bisa membentuk sebuah akademi sepakbola guna melahirkan pemain-pemain profesional yang bisa tampil dalam berbagai kejuaraan seperti yang sudah dilakukan negara-negara Eropa. Kepada para pemain juga perlu diajarkan bahasa Inggris, sehingga bisa berkomunikasi dengan lancar saat mengikuti kejuaraan internasional, seperti Arafura Games di Darwin, Australia. | serambinews

2 Comments leave one →
  1. 9 December, 2010 17:21

    infonya sip masbrow…thanks ya..n lam kenal ja..

  2. 13 December, 2010 23:16

    Mantab informasinya.

    Moga persepakbola Aceh makin maju dan berkembang.

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: