Skip to content

Bahasa Aceh Masuk UAS

16 December, 2010
Bahasa Aceh

Ilustrasi: ruangtoko.com

Di Aceh, agama menjadi sendi pokok dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua lapisan masyarakat melandaskan pada agama Islam, sehingga, kekuatan agama menjadi salah satu pendorong dalam perjuangan bangsa Aceh. Lewat agama pula, ilmu pengetahuan bisa mencapai kemajuan yang sangat berarti. Demikian, juga agama menjadi hukum bagi masyarakat Aceh.

Oleh karena itu, SDN 67 Lam Lagang Banda Aceh memberikan kewajiban kepada siswa sekolahnya untuk belajar Alquran dari usia masuk kelas I SD hingga kelas VI, menggunakan metode muatan lokal dengan pendekatan pesantren.

“Ada kewajiban bagi anak didik kami ketika sekolah di SD ini harus bisa membaca dan menulis Alquran,” kata Kepala SDN 67 Percontohan Lam Lagang Banda Aceh, Deni Hayati ketika menerima kunjungan wartawan untuk mengetahui kondisi pendidikan di Aceh dalam rangka Education for All pekan lalu. Ketika anak mendaftar masuk ke SD ini ada syarat harus sudah bisa minimal Iqra I-IV.

Setelah diterima, anak wajib mengikuti jam pelajaran tambahan tentang agama, yakni dari fikih, hadis, sejarah Islam dan baca tulis Alquran. Pelajaran itu dimasukkan wajib setelah sekolah atau pada siang hingga sore hari. Dengan menggunakan pendekatan ini, Deni berharap hasil anak didiknya bisa menerapkan hal yang benar dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan ketika anak sudah duduk di kelas VI pelajaran Agama tersebut dimasukkan sebagai muatan lokal dan diujikan di ujian sekolah (UAS).

“Jika mereka belum menguasai atau tidak bisa tentang agama, ada ketentuan anak tidak lulus atau harus mengulang, Alhamdulillah sejak berdiri tahun 2003 hingga 2010 ini belum ada anak didik yang mengulang atau tidak lulus,” jelas Deni.

Selain itu, sebagai SD RSBI pelajaran Bahasa Inggris juga wajib diterapkan bagi anak didik, dengan mendatangkan guru dari luar serta kewajiban guru untuk belajar dan bisa berbahasa Ingris. Ternyata pula, sebagian besar anak didiknya tersebut tidak mengerti bahasa Aceh. Sebagai langkah awal untuk mengantisipasi lunturnya bahasa daerah yang dijuluki Kota Serambi Mekkah tersebut, yakni para guru demi sedikit mengucapkan istilah dengan menggunakan bahasa Aceh ketika berkomunikasi dengan para siswa di kelas. Bahkan, kemudian memasukkan Bahasa Aceh ke dalam muatan lokal.

“Kami juga memasukkan mata pelajaran Bahasa Aceh ini ke dalam ujian sekolah,” imbuh Deni.

Ujian sekolah Bahasa Aceh di sini, lanjut Deni, dibagi dua bagian, yakni ujian teori dan praktik. Untuk ujian praktik, anak-anak dituntut dapat mengucapkan suatu kalimat bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Aceh. Sedangkan, ujian yang paling dianggap sulit adalah ujian teori dengan menulis.

bahasa aceh

Ilustrasi: ficklaotze.wordpress.com

Dengan adanya tahapan-tahapan untuk mempertahankan bahasa daerah ini, ia berharap dapat menyadarkan, bahwa identitas budaya itu sangat penting. Meskipun, hal itu masih belum disadari lembaga pendidikan, maupun pemerintah.

Menurut Deni, penggunaan bahasa daerah selain sebagai identitas diri, juga menekankan budi pekerti karena di dalamnya, para pemuda diberi pendidikan, untuk bagaimana bisa menghargai baik kepada satu tingkatan maupun mereka yang lebih tua.

Kepala SMPN 19 Percontohan Banda Aceh, Farida Ibrahim mengungkapkan, sebagian besar anak didiknya saat ini tidak memahami bahasa Aceh. | kedaulatanrakyat

2 Comments leave one →
  1. Adien Desky permalink
    17 January, 2011 23:27

    Saya sangat memerlukan RPP Silabus Untuk SD semua Kelas Pelajaran Bahasa Daerah Aceh dan Pelajaran Tulisan Arab Melayu. Mohon di bantu Ke saya email : adien_atjeh@yahoo.co.id

Trackbacks

  1. Tweets that mention Bahasa Aceh Masuk UAS « .: SAMAN UI :. -- Topsy.com

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: