Skip to content

Peserta UN 2011 di Aceh Capai 145.489 Orang

17 January, 2011
peserta

Foto: berita.balihita.com

Dari hasil pendataan sementara yang dilakukan Dinas Pendidikan Aceh, jumlah peserta yang akan mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2011 di provinsi itu mencapai 145.489 orang.

Jumlah peserta UN tahun ini baik untuk tingkat SMP maupun SMA sederajat yang akan berlangsung April 2011, meningkat 5 persen dibandingkan dengan peserta tahun sebelumnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, Drs Zulkifli Saidi kepada wartawan Kamis (13/1) mengatakan, walau seluruh kabupaten/kota sudah mengirimkan data peserta UN, namun data yang terkumpul saat ini masih ada kemungkinan akan bertambah atau berkurang. “Data ini kami kumpulkan agar semua persiapan nantinya dapat berjalan lancar. Pendataan juga masih berlangsung secara online oleh kabupaten/kota langsung dikirimkan ke Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) di Jakarta,” ujarnya Zulkifli Saidi.

Menurutnya, sejak saat ini sudah ada sekolah yang mulai mengadakan belajar tambahan bagi siswa dengan harapan hasil UN nantinya bisa lebih meningkat dari tahun sebelumnya.

Dirincikannya, untuk tingkat SMP/MTs baik negeri maupun swasta jumlah peserta UN tahun ini mencapai 80.545 orang. Tingkat SMA/MA sebanyak 54.144 orang dan peserta UN dari SMK/SPK sebanyak 10.800 orang.

Ujian Nasional tingkat SMA akan digelar pada 18-21 April 2011. Sementara bagi siswa yang tidak bisa ikut UN utama karena berhalangan, diperkenankan mengikuti UN susulan pada 25-28 April. Sedangkan pengumuman kelulusan oleh Satuan Pendidikan paling lambat pada 16 Mei 2011.

Dikatakan, UN 2011 berbeda dengan UN-UN sebelumnya, di mana nilai kelulusan sepenuhnya ditentukan hasil UN semata. Sedangkan UN 2011, nilai kelulusan ditentukan bersama dengan perbandingan 60 persen ditentukan nilai UN dan 40 persen ditentukan hasil ujian sekolah. “Syarat kelulusan baru bagi siswa sekolah adalah gabungan antara nilai hasil Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Sekolah mendapat kebebasan untuk menentukan mekanisme ujian sekolah. Yang dipakai nanti US 40 persen dan UN 60 persen, bobotnya kemudian digabung jadi satu. Kita menyambut baik UN 2011 ini yang sudah mengakui lagi peran sekolah dan guru dalam menentukan tingkat kelulusan itu,” kata Zulkifli.

Setelah nilai hasil dua ujian itu digabungkan, selanjutnya ditetapkan standar minimal kelulusan. Yaitu 5,5 dan boleh ada angka 4. “Yang penting ada standar minimal yaitu 5,5 dan boleh ada angka 4,” katanya. | analisadaily

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: