Skip to content

SNMPTN 2011 Dua Jalur

2 February, 2011
snmptn

Ilustrasi: Google

Pemerintah menerapkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2011 melalui dua jalur, masing-masing, undangan berdasarkan penjaringan prestasi dan jalur ujian tertulis/keterampilan.

“Peraturan itu berdasarkan hasil rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi di Jakarta pada 4 November 2010,” ungkap Ketua Panitia SNMPTN Panitia Lokal Unimed tahun 2011, Prof Selamat Triono MSc, didampingi Pembantu Rektor II, Drs Chairul Azmi MPd, dan Sekretaris Panitia, Biner Ambarita di kampus Unimed Jalan Willem Iskandar Medan, Selasa (1/ 2).

Ia menyatakan, penerapan sistem ini juga berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 34 tahun 2010, tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi yang diselenggarakan secara nasional dalam bentuk SNMPTN 2011. “Dalam penetapan kedua pola ini, Unimed tetap komit terhadap ketentuan dan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Pembantu Rektor (PR) I Unimed ini menyatakan, sejalan dengan program pemerintah tentang Program Bidik Misi, yakni program pemberian bantuan pendidikan bagi calon mahasiswa yang miskin dan berprestasi untuk tahun 2011, pelaksanaannya terintegrasi ke dalam pola SNMPTN, baik melalui jalur undangan maupun jalur tertulis/keterampilan. “Sesuai dengan Surat Panitia Pusat SNMPTN No 020/SNMPTN/2011 tanggal 21 Januari 2010, kuota untuk Unimed dalam penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2011/2012 sebanyak 2.983 orang untuk 38 program studi,” paparnya.

Selamat mengingatkan, khusus bagi jalur undangan, dalam penerimaan SNMPTN 2011, panitia mempercayakannya kepada kepala sekolah untuk menyaring calon mahasiswa berprestasi dan yang miskin. “Kepala sekolah diharapkan untuk membaca secara cermat seluruh ketentuan dan prosedur SNMPTN 2011, untuk mengusulkan siswa yang berprestasi dan siswa miskin untuk diundang mengikuti SNMPTN,” sebutnya.

Sekretaris panitia, Biner Ambarita, mengemukakan, pada seleksi jalur undangan dilaksanakan pendaftaran mulai 1 Februari-12 Maret dan pengumuman 18 Mei dan regsitrasi ulang 31 Mei-1 Juni. Sedangkan seleksi jalur ujian tertulis/keterampilan dengan masa pendaftaran mulai 2 Februari-24 Mei, ujian tertulis 31 Mei-1 Juni dan ujian keterampilan 3-4 Juni. Hasilnya akan diumumkan pada 30 Juni. Guna mengantisipasi kesulitan pendaftaran atau mengakses jaringan website, maka pihak panitia SNMPTN panitia lokal Unimed menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri dan Telkom untuk mensosialisasikan mengenai mekanisme pendaftaran secara online, baik melalui jalur undangan maupun ujian tertulis ke seluruh pelosok wilayah di Sumut. “Kepada calon peserta yang berada di kecamatan atau di pelosok wilayah Sumut, jika fasilitasi Bank Mandiri dan jaringan internet tidak ada, diharapkan mencari ke kabupaten terdekat,” imbaunya.

Ambarita menambahkan, mekanisme seleksi nasional untuk calon peserta jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis/keterampilan. Dalam hal ini, lanjutnya, kepala sekolah mendaftarkan siswa terbaiknya untuk diseleksi menjadi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi yang diminati. Sedangkan pelajar yang akan diikutkan pada jalur undangan dengan persyaratan sekolah terdaftar pada sistem database SNMPTN 2010, pernah mengikuti ujian tertulis SNMPTN 2010, serta diprioritaskan sekolah memiliki akreditasi A, B dan C oleh Badan Akreditasi Nasional-Sekolah Madrasah. | harian-global

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: